Advertisement

Akhir Oktober 2022, Ada 1.000 Vaksin Monkeypox Dikirim ke Indonesia

Szalma Fatimarahma
Rabu, 21 September 2022 - 08:27 WIB
Sirojul Khafid
Akhir Oktober 2022, Ada 1.000 Vaksin Monkeypox Dikirim ke Indonesia Ikustrasi vaksin cacar monyet (monkeypox). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan apabila pengiriman vaksin monkeypox atau cacar monyet dari Bavarian Nordic, Denmark akan dimulai pada akhir Oktober 2022. 

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia, menjelaskan bahwa pengiriman vaksin cacar monyet ini akan dilakukan secara bertahap. Pada akhir Oktober, sebanyak 1.000 vaksin cacar monyet akan diterbangkan ke Indonesia. 

Advertisement

"Vaksin monkeypox lagi dipesan, Indonesia kan pesan 2.000 vaksin dari Denmark. Kita datangkan 1.000 dulu, sepertinya pada akhir Oktober," terang Nadia ketika ditemui di Gedung Nusantara I DPR/MPR, Selasa (20/9/2022). 

Nadia menjelaskan, sembari menunggu kedatangan vaksin cacar monyet, Kemenkes juga terus melakukan pengkajian dengan para panel ahli mengenai sasaran pertama dari vaksin yang diimpor dari Denmark tersebut. Namun, setelah vaksin tiba, dipastikan bahwa Kemenkes tentunya akan mempercepat proses pemberian vaksin kepada kelompok berisiko. 

BACA JUGA: Tok! DPR Setuju, RUU Perlindungan Data Pribadi Resmi Jadi Undang-Undang

Sebelumnya, pada akhir Agustus 2022, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menginformasikan bahwa pihaknya telah memesan 2.000 vaksin cacar monyet dari Bavarian Nordic, Denmark. 

Adapun Bavarian Nordic merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang bioteknologi terintegrasi, yang berfokus pada pengembangan, pembuatan, dan komersialisasi vaksin yang digunakan pada penyakit menular dan imunoterapi kanker. 

"Dari segi vaksinasi, kami telah memesan 2.000 dosis vaksin dari Bavarian Nordic yang dibantu oleh KBRI Denmark karena ada vaksin ini disana," tutur Budi dalam RDP bersama Komisi IX DPR RI, Selasa (30/8/2022).

BACA JUGA: Waspada! Stres Ternyata Bisa Jadi Penyebab Gangguan Makan pada Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement