Advertisement

32 Keluarga di Brebes Terima Bantuan Rumah OPTiMiS

Media Digital
Kamis, 15 September 2022 - 14:27 WIB
Jumali
32 Keluarga di Brebes Terima Bantuan Rumah OPTiMiS Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat peletakan panel pertama bantuan Rumah OPTiMiS di Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Rabu (14/9/2022). - Ist

Advertisement

BREBES - Sebanyak 32 keluarga yang terdampak banjir Sungai Kalikeruh Kabupaten Brebes menerima bantuan rumah OPTiMiS (Omah Panel Tingkat Milik Sederhana) atau hunian vertikal dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Bantuan berbasis komunitas itu diberikan melalui program tuku lemah oleh lemah (beli tanah dapat rumah).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bantuan itu diberikan setelah ada laporan terkait puluhan keluarga yang kehilangan rumah akibat banjir Sungai Kalikeruh pada bulan Februari 2022 lalu.

Advertisement

"Kemarin ada warga yang melapor kepada Pemda, ternyata banyak rumahnya yang terbawa banjir. Ternyata juga banyak dari rumah itu yang tidak ada surat-suratnya. Hari ini ada bantuan dari pemerintah yang mudah-mudahan bisa mendorong semuanya semangat," kata Ganjar usai mengikuti peletakan panel pertama bantuan Rumah OPTiMiS di Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Rabu (14/9/2022).

Formula bantuan tersebut diberikan secara kolektif melakui basis komunitas sempadan sungai Kalikeruh. Puluhan warga yang tergabung komunitas membeli area tanah. Masing-masing keluarga membeli tanah seluas 18 meter persegi dengan harga Rp 7,5 juta. Kemudian Pemprov Jateng memberikan bantuan berupa rumah dua lantai sebesar Rp 50 juta per rumah.

"Saya tadi tanya beli tanahnya seharga Rp 7,5 juta. Ini yang judulnya tuku lemah oleh lemah. Jadi saya minta nanti masyarakat gotong royong membantu (membangun)," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement