Advertisement

Survei: Tokopedia Jadi e-Commerce Paling Banyak Digunakan Milenial dan Gen Z

Media Digital
Kamis, 01 September 2022 - 10:37 WIB
Sirojul Khafid
Survei: Tokopedia Jadi e-Commerce Paling Banyak Digunakan Milenial dan Gen Z Foto: Tokopedia Tower

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tokopedia menjadi e-commerce paling banyak digunakan generasi milenial dan generasi Z, mengungguli Shopee dan Lazada. Hal itu terungkap pada survei yang dilakukan Kumparan bertajuk "Persepsi Kepercayaan dan Kenyamanan Bertransaksi di E-commerce."

Survei tersebut mendapati Tokopedia menjadi e-commerce paling sering digunakan, dinilai paling terpercaya, dan paling aman untuk bertransaksi. Survei dilakukan secara daring pada 23 Juli hingga 5 Agustus 2022 dengan melibatkan 577 responden dari berbagai kota di Indonesia berusia 17 hingga 35 tahun ke atas.

Responden terdiri dari mereka yang aktif melakukan transaksi di e-commerce lebih dari lima kali dalam sebulan. Sebanyak 64,9 persen responden adalah mereka yang berada di rentang usia 22 sampai 31 tahun.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Survei menemukan Tokopedia dan Shopee bersaing ketat sebagai platform e-commerce favorit para perempuan milenial dan gen Z. Mayoritas responden pada segmen ini memilih Tokopedia sebagai e-commerce paling favorit (50,4 persen), sementara Shopee berada di peringkat kedua (45,9 persen).

BACA JUGA: Negara Rugi Rp18,3 Triliun, Perusahaan Ini Malah Raup Untung di Kasus Minyak Goreng

Survei juga menemukan beberapa hal penting yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk belanja di e-commerce yakni

(1) Banyaknya barang dan variasi produk yang tersedia;
(2) Kemudahan dalam proses pencarian, pemesanan, dan pembayaran;
(3) Banyak promo menarik;
(4) Banyak pilihan metode pembayaran;
(5) Gratis ongkos kirim;
(6) Pengiriman barang yang cepat;
(7) Penjual terpercaya dan kredibel;
(8) Dan Produk berkualitas yang sesuai dengan informasi.

Survei mendapati calon pembeli juga mempertimbangkan aspek kredibilitas para penjual di e-commerce. Faktor penentu kredibilitas penjual antara lain ulasan pembeli; rating; informasi produk yang jelas; dan logo official store.

Yang patut menjadi perhatian pelaku industri ialah harga dan promo menjadi pertimbangan penting bagi konsumen sebelum memutuskan bertransaksi di sebuah e-commerce.

Advertisement

Dari sisi produk, fesyen menempati kategori yang paling banyak dibeli oleh konsumen (26,5 persen) di platform e-commerce di Indonesia. Selanjutnya, terdapat produk kecantikan dan perawatan diri (14,7 persen), makanan serta kebutuhan harian (13,2 persen), barang yang berkaitan dengan hobi (11,6 persen), dan terakhir, peralatan rumah tangga (8,7 persen).

BACA JUGA: Siap-Siap! Harga Pertalite dan Solar Dikabarkan Naik per 1 September

Survei mencatat Tokopedia unggul atas Shopee, Lazada, Blibli, Bukalapak, dan JD.id, sebagai platform e-commerce dengan penjual paling terpercaya, memiliki layanan customer service paling baik, menyediakan metode pembayaran terlengkap, menyediakan layanan pengiriman terlengkap, hingga paling nyaman untuk melakukan pencarian produk.

Advertisement

Kemudahan pembayaran juga menjadi salah satu faktor yang mendorong konsumen berbelanja di e-commerce. Berkembangnya dompet digital membuat transaksi di e-commerce semakin mudah. Sebanyak 65,7 persen responden memilih dompet digital sebagai metode pembayaran yang paling sering digunakan, 19,4 persen responden memilih bertransaksi dengan Internet banking atau mobile banking dan 8,7 persen responden memilih metode pembayaran cash on delivery (CoD).

GoPay menempati posisi pertama (42,1 persen) dompet digital paling banyak digunakan untuk transaksi di platform e-commerce, disusul oleh ShopeePay (24,6 persen) serta OVO (18,2 persen).

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Lakukan PKM, Tim UAD Dukung Program Indonesia Bebas Stunting

Gunungkidul
| Kamis, 29 September 2022, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement