Advertisement

Dieng Culture Festival Kembali Digelar, 15 Anak Gembel Akan Dicukur

Media Digital
Rabu, 24 Agustus 2022 - 14:27 WIB
Budi Cahyana
Dieng Culture Festival Kembali Digelar, 15 Anak Gembel Akan Dicukur Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menerima kunjungan panitia Dieng Culture Festival. - Istimewa

Advertisement

SEMARANGReturn of the Light menjadi tema penyelenggaraan Dieng Culture Festival 2022 yang akan berlangsung pada awal September mendatang. Selama tiga hari, Dieng akan ramai dipadati ribuan wisatawan.

Ketua Panitia DCF 2022, Alif Fauzi, menjelaskan tema kali ini adalah representasi dari harapan dan semangat industri wisata di Kawasan Dieng pasca-pandemi.

Advertisement

“Jadi kembalinya cahaya tradisi yang dua tahun ini sempat tertunda dan event ini kita gelar menjadi satu momentum yang harapan kami bisa berlanjut dan terus berinovasi,” kata Alif seusai bertemu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di kantornya, Selasa (23/8/2022).

Alif mengatakan, inovasi pada gelaran DCF tahun ini dimulai dengan perubahan susunan acara. Salah satunya tradisi ruwatan anak gembel atau anak berambut gimbal, akan digelar pada hari kedua.

“Pencukuran anak gembel juga terbanyak karena ada 15 anak dan dari banyak daerah termasuk dari Jakarta,” katanya.

Hari pertama, kata Alif juga mengalami perubahan. Yakni pelepasan lampion. Malam puncak DCF 2022 yang di-support Bank Indonesia Kanwil Purwokerto itu, tidak terpusat pada hari terakhir kegiatan saja tapi bisa dirasakan sejak hari pertama.

“Kami berharap ini bisa makin meningkatkan kualitas event yang ada di dalamnya. Serta ada kirab budaya yang terinspirasi dari karnival daerah lain,” kata dia.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta panitia DCF 2022 mempersiapkan dengan maksimal seluruh kepentingan acara. Mulai dari kenyamanan, kebersihan, akomodasi hingga lalu lintasnya.

“Pesan saya, hati-hati mulai sekarang disiapkan dengan baik. Memenej transportasinya, lalu lintasnya, terus kemudian akomodasi dan konsumsinya, sampahnya, keamanannya. Sehingg kita harapkan nanti ini bisa bagus,” tegasnya.

Info lengkap terkait DCF 2022 dapat dibaca melalui laman festivaldieng.id. Informasi juga terus di-update oleh panitia di akun media sosial Instagram @festivaldieng2022. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

BPBD DIY Mewaspadai Lonjakan Pembuangan Sampah ke Sungai Imbas TPA Piyungan Ditutup

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement