Advertisement

Cara Mudah Cek Status Mahasiswa dan Ijazah Sarjana tanpa ke Kampus

Nancy Junita
Minggu, 24 Juli 2022 - 04:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cara Mudah Cek Status Mahasiswa dan Ijazah Sarjana tanpa ke Kampus UPN Veteran Yogyakarta membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru dari jalur seleksi mandiri untuk tahun 2022. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pihak Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) menyediakan platform untuk mengetahui status mahasiswa dan ijazah sarjana seseorang di perguruan tinggi, tanpa harus ke kempus.

Kini, LLDIKTI memiliki pangkalan data pendidikan tinggi (PDDIKTI) (https://pddikti.kemdikbud.go.id/) yang bisa diakses masyarakat.

Advertisement

Platform tersebut menyimpan informasi seperti akreditasi kampus, jumlah program studi, mahasiswa, dosen, hingga profil lulusan.

Menilik lebih jauh, platform PDDIKTI bermanfaat lebih luas. Seseorang dapat mengecek status lulusan atau ijazah bagi masyarakat umum yang juga merupakan lulusan perguruan tinggi.

Selain itu, perusahaan dan instansi pemerintah jauh lebih mudah untuk melakukan pengecekan saat proses rekrutmen pegawai baru.

"Melalui PDDIKTI perusahaan atau instansi pemerintah tidak perlu melakukan kroscek ke perguruan tinggi yang bersangkutan. Begitu juga bagi lembaga-lembaga penyedia beasiswa yang akan memberikan dana belajar kepada calon penerimanya," menurut keterangan LLDIKTI, dikutip Sabtu (23/7/2022).

Adapun, perusahaan atau instansi pemerintah hanya perlu mengetik nama lengkap lulusan atau mahasiswa. Setelah berhasil, kemudian akan ditampilkan informasi mengenai status mahasiswa; aktif/tidak aktif hingga lulus/tidak lulus/cuti.

Jika mahasiswa sudah lulus, maka informasi mengenai nomor ijazah pun akan muncul.

Berikut data-data yang dapat dilihat di PDDIKTI antara lain:

  1. Profil dari mahasiswa, seperti nama lengkap, Nomor Induk Mahasiswa (NIM), dan status kelulusan.
  2. Nama program studi
  3. Profil perguruan tinggi
  4. Profil dosen.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement