Advertisement

Beda Dulu Lain Sekarang, Sepanjang JJLS Kini Miliki 15 SPBU dan 13 Pertashop

Nina Atmasari
Kamis, 21 Juli 2022 - 16:47 WIB
Arief Junianto
Beda Dulu Lain Sekarang, Sepanjang JJLS Kini Miliki 15 SPBU dan 13 Pertashop Suasana SPBU di jalur Pansela. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, PURWOREJO -- Sebanyak 15 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dan 13 Pertashop siap melayani kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) di jalur jalan lintas Selatan (JJLS).

SPBU dan Pertashop itu tumbuh seiring demand yang meningkat di jalur Pantai Selatan (Pansela). SPBU dan Pertashop meningkat berkat adanya jalan yang existible, demand tinggi dan listrik tersedia dengan baik.

BACA JUGA: Hasil Survei ARSC: Masyarakat Puas Penanganan Pandemi dan Pemulihan Ekonomi Pemerintah

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Hal itu diungkapkan Area Manager Communication, Relations, & CSR Jawa Bagian Tengah Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho. Dia mengatakan SPBU dan Pertashop itu terdapat di jalur Pansela mulai Cilacap, Kebumen, Purworejo hingga Kulonprogo.

"Itu jumlah SPBU di JJLS, untuk Pertashop tidak di jalan Pansela tetapi di sekitaran. Pertashop hanya menjual Pertamax, sedangkan SPBU menjual pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, solar, Dexlite dan lainnya. Khusus di Cilacap juga ada layanan Pertamina Delivery Service, bisa diakses melalui layanan call center Pertamina di nomor telepon 135," kata Brasto, saat ditemui Tim Jelajah Pansela: Membangun Ekonomi Pantai Selatan Jawa, baru-baru ini.

Dia mengatakan jalur Pansela sekarang tentu beda dengan zaman dulu. Kendaraan yang melintas, dulu tidak sebanyak sekarang. Jalur ini semakin ramai terutama pada momentum Ramadan dan Idulfitri. Demand BBM yang meningkat menjadi dasar Pertamina menambah usaha di kawasan tersebut bekerjasama dengan pengusaha.

Dia menjelaskan konsumsi BBM di jalur Pansela saat ini mencapai 260 kiloliter per hari. Jumlah itu mencakup BBM jenis gasoline (pertalite, pertamax, pertamax turbo) dan gasoil (solar, dex dan dexlite).

"Itu konsumsi di jalur Pansela saat ini memiliki potensi demand yang tinggi, berarti transportasi dan kendaraan banyak terjadi di jalur Pansela," katanya.

BACA JUGA: Makin Ramai Kendaraan, Jalur Pansela di Purworejo Perlu Tambah Lajur

Advertisement

Brasto melihat jalur Pansela ini punya potensi banyak objek wisata. Kota-kota lebih berkembang daripada sebelumnya. Dengan demand tinggi, investor atau pengusaha tertarik investasi.

"BBM dari kami [Pertamina Patra Niaga] sedangkan SPBU dan Pertashop Pansela itu dimiliki pengusaha atau swasta. Maka kami mengajak pengusaha atau swasta untuk kembangkan SPBU dan Pertashop. Jika punya lokasi, keinginan dan biaya hubungi call center 135. Mari bersama-sama kembangkan Pansela. Saat jalur ini sudah jauh lebih banyak dari sebelumnya mengingat jalur pansela sudah mulai diminati pengendara, ini patut diapresiasi pemerintah, BUMN, pengusaha maupun masyarakat itu sendiri," kata Brasto.

Pengawas di SPBU Daendels di Kentengrejo RT02 RW 01, Jalan Raya Daendels (JJLS) Purwodadi, Purworejo, Wahyu Heri Suyanto mengakui peningkatan infrastruktur jalan di JJLS ini meningkatkan usaha SPBU tersebut.

"SPBU ini didirikan pada 2018, di sini semakin ramai lalu lintasnya. Jadi kami bisa menambah fasilitas dengan membagun rest area yang lebih luas pada 2019," katanya.

Advertisement

SPBU tersebut memiliki fasiltas parkir yang luas, minimarket, musala, kantin dan toilet. Menurut Wahyu, selain warga lokal, kebanyakan kendaraan yang masuk ke SPBU tersebut berasal dari kawasan Banyumas dan DIY.

Liputan ini merupakan bagian dari program Jelajah Jalur Pansela: Membangun Ekonomi Pantai Selatan Jawa yang digelar Harian Jogja bekerja sama dengan Pertamina Patra Niaga dan Bank BPD DIY.

Dalam program ini, Tim Harian Jogja menyusuri dan merekam setiap ruas Pantai Selatan Jawa mulai dari Kebumen, Purworejo, Kulonprogo, Bantul, Gunungkidul hingga Wonogiri. Jelajah Pansela dimulai pada Selasa (19/7/2022) dan finis di Wonogiri pada Jumat (22/7/2022).

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Sesalkan Pernyataan ORI soal Seragam, Berikut Respons Beberapa Sekolah di Sleman

Sleman
| Selasa, 27 September 2022, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement