Advertisement

Catat! Omicron BA5 Empat Kali Lebih Resisten terhadap Vaksin Covid-19

Newswire
Sabtu, 16 Juli 2022 - 11:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Catat! Omicron BA5 Empat Kali Lebih Resisten terhadap Vaksin Covid-19 Petugas kesehatan menunjukkan vaksin Covid-19 Moderna saat vaksinasi dosis ketiga sebagai vaksin penguat untuk tenaga medis. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Berdasarkan studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Nature, subvarian Omicron BA5, yang saat ini menjadi galur (strain) Virus Corona dominan di Amerika Serikat (AS), empat kali lebih resistan terhadap vaksin Covid-19.

Studi itu menemukan bahwa varian tersebut empat kali lebih resistan terhadap vaksin messenger RNA (mRNA) dibandingkan sejumlah galur Omicron sebelumnya, yang mencakup vaksin Covid-19 produksi Pfizer dan Moderna.

Advertisement

Galur itu "sangat mudah menular (hypercontagious)" dan berkontribusi dalam peningkatan rawat inap dan penerimaan ICU, kata Mayo Clinic dalam sebuah laporan pada Kamis (14/7/2022).

Galur BA5 mewakili 65 persen jumlah kasus Covid-19 di AS dalam pekan yang berakhir pada 9 Juli, menurut data terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) AS.

Warga yang belum menjalani vaksinasi berpeluang lima kali lebih tinggi terjangkit virus itu dibandingkan mereka yang sudah divaksin dan mendapatkan suntikan penguat (booster), sementara potensi rawat inap mencapai 7,5 kali lebih tinggi dan peluang kematian tercatat 14 hingga 15 kali lebih tinggi, papar Kepala Kelompok Penelitian Vaksin Mayo Clinic Dr. Gregory Poland.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement