Advertisement

Usulan Jokowi 3 Periode Kembali Muncul

Szalma Fatimarahma
Jum'at, 01 Juli 2022 - 06:37 WIB
Budi Cahyana
Usulan Jokowi 3 Periode Kembali Muncul Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/6/2022). ANTARA FOTO - Hafidz Mubarak A

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Suara yang menginginkan Joko Widodo terus menjadi presiden hingga tiga periode kembali mengemuka.

Sekretaris Jenderal relawan Jokowi-Prabowo (Jokpro) Timothy Ivan Triyono menyebut perpanjangan masa jabatan presiden masih menjadi solusi terbaik untuk mencegah polarisasi dalam Pilpres 2024 mendatang. 

Advertisement

“Bagi kami, satu-satunya solusi untuk menghentikan polarisasi itu adalah dengan Pak Jokowi menjabat lagi sebagai presiden di periode ketiganya,” terang Timothy dikutip, Jumat (1/7/2022).

Menurutnya, jika Jokowi diberikan kesempatan untuk kembali maju dalam Pilpres 2024 dan berpeluang untuk melawan kotak kosong, Timothy memperkirakan potensi polarisasi akan semakin rendah. 

“Kalau kotak kosong kan tidak bisa dilabeli calon Islam atau calon komunis, kotak kosong itu tidak bisa berpidato jadi polarisasi itu bisa terhindarkan,” tutur Timothy. 

Sementara itu, berdasarkan hasil survei dari Litbang Kompas yang diselenggarakan pada akhir Mei lalu, sebanyak 70 persen responden menunjukkan kekhawatiran terhadap terjadinya potensi polarisasi pada Pilpres mendatang. 

Timothy mengaku bahwa dirinya tidak terkejut dengan hasil yang diperoleh dari survei tersebut.

Kelompoknya sudah kerap kali menyampaikan kemungkinan terjadinya polarisasi yang ekstrem, yang akan berlanjut di Pilpres 2024 nanti. 

Timothy menilai masih banyak masyarakat yang menginginkan kepemimpinan Jokowi berlanjut hingga tiga periode. Timothy berharap agar lembaga-lembaga survei dapat mulai meminta tanggapan masyarakat, terkait usulan perpanjangan masa presiden tersebut. 

“Untuk lembaga survei, jangan hanya berhenti sampai pada pertanyaan puas atau tidak dengan kinerja Pak Jokowi, tetapi bisa dilanjutkan dengan pertanyaan ‘kalau puas dan amandemen konstitusi bisa dilakukan, setuju tidak Pak Jokowi menjabat presiden tiga periode?’ agar elite dapat mendengar dan tahu bahwa masih banyak masyarakat yang ingin Pak Jokowi memimpin kembali di 2024.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Termasuk Jogja, BMKG Ingatkan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Waspada Cuaca Ekstrem

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement