Advertisement

Ganjar Diminta Bacakan Hasil Rakernas PDIP, Isinya Antara Lain Soal Capres 2024

Afiffah Rahmah Nurdifa
Kamis, 23 Juni 2022 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Ganjar Diminta Bacakan Hasil Rakernas PDIP, Isinya Antara Lain Soal Capres 2024 Ganjar Pranowo dipercaya membacakan sejumlah rekomendasi hasil Rakernas II PDIP diantaranya terkait ideologi Pancasila hingga capres dan cawapres usungan partai di Pemilu 2024 / ANTARA FOTO - M Risyal Hidayat - tom.

Advertisement

Harianjoja.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dipercaya PDI Perjuangan untuk membacakan sejumlah rekomendasi hasil Rakernas II Tahun 2021, salah satunya terkait nama calon presiden (capres) yang akan diusung partai di Pemilu 2024. 

"Rakernas II Partai menegaskan bahwa penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung oleh PDI Perjuangan pada Pemilu 2024. Berdasarkan keputusan Kongres V Partai, AD/ART Partai, dan tradisi demokrasi Partai adalah hak prerogatif Ketua Umum Partai Megawati Soekarnoputri," kata Ganjar di Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Advertisement

Lebih lanjut, rekomendasi lain dalam Rakernas ini adalah PDIP menyepakati pembumian nilai Pancasila menjadi sangat penting dan krusial. Untuk itu, Partai mengusulkan agar kurikulum pendidikan nasional di seluruh strata pendidikan harus memasukkan Pancasila sebagai mata pelajaran wajib.

Kemudian, dalam rekomendasi lainnya, PDIP memberikan perhatian khusus dalam pemulihan dampak pandemi Covid-19 melalui akselerasi vaksinasi, tetapi sekaligus mendukung pemulihan ekonomi nasional. 

Ganjar melanjutkan pembacaan rekomendasi rakernas PDIP yang menyebut usulan penataan sistem politik pascapemilu 2024, hingga perbaikan sistem pemilu.

"Rakernas II Partai menegaskan pentingnya melakukan penataan sistem politik pascapemilu 2024 agar sesuai dengan demokrasi Pancasila dengan melakukan koreksi sistem pemilu dan praktik politik liberal yang bersifat kapitalistik, penuh semangat individual, penguatan peran dan fungsi MPR RI," ungkap Ganjar. 

Selain itu, rekomendasi lainnya adalah terkait konsepsi dasar Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) dengan memprioritaskan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, riset, inovasi, dan peningkatan kualitas pendidikan.

PDIP juga menegaskan bahwa Indonesia harus mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, produktif, dan berdaya saing global, sekaligus memahami persoalan lokal untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat di bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam bidang kebudayaan.

BACA JUGA: SBMPTN 2022: UGM Dominan, Ini 10 Peserta dengan Nilai UTBK Tertinggi

"Terakhir, Rakernas II Partai mendukung sepenuhnya kebijakan Presiden Jokowi dalam mewujudkan perdamaian dunia dengan mengambil inisiatif bagi penyelesaian konflik Rusia-Ukraina melalui pelaksanaan politik luar negeri yang bebas aktif sekaligus mewujudkan kepentingan nasional Indonesia," tutup Ganjar.

Adapun, Rakernas II PDIP Tahun 2021 telah rampung dilakukan selama 3 hari yaitu sejak Senin, 21 Juni 2022 hingga hari ini, Kamis (23/6/2022) di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Libur Lebaran Usai, Berikut Jadwal dan Tarif Terbaru Bus Damri dari Jogja ke Bandara YIA

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement