Advertisement

Profil Mbah Kholil, Crazy Rich Jepara yang Bangun Jembatan Rp3,7 Miliar

Anshary Madya Sukma
Jum'at, 13 Mei 2022 - 17:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Profil Mbah Kholil, Crazy Rich Jepara yang Bangun Jembatan Rp3,7 Miliar Crazy Rich Jepara, Mbah Kholil yang membangun jembatan seharga Rp3,7 miliar

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Nama Kholil belakangan menjadi perbincangan publik karena telah merogoh dana Rp3,7 miliar untuk membantu pembangunan jembatan di Desa Kecapi, Jepara. Karena aksinya itu, ia disebut sebagai crazy rich Jepara.

Hal ini dilakukan Crazy Rich Jepara, Kholil lantaran rasa prihatinnya melihat masyarakat Desa Kecapi harus bersusah payah untuk melakukan aktivitas yang melewati sungai.

Jembatan ini memiliki panjang 22 meter dengan lebar 6 meter dan mulai dibangun sejak Oktober 2019 dan baru selesai pada Juni 2022, jembatan tersebut menghubungkan 4 dukuh yaitu, Dukuh Jotan, Dukuh Tempur, Dukuh Kedungjoho dan Dukuh Krajan. 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Beragam tanggapan muncul mengenai hal ini, salah satunya dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang memuji tindakan tersebut.

Baca juga: Viral Mbah Kholil Crazy Rich Jepara Bangun Jembatan Rp3,7 Miliar, Ganjar: Yang Penting Ikhlas

“Bagus karena membantu masyarakat dan peduli dengan daerahnya, yang penting ikhlas apa enggak” ujar Ganjar saat mengunjungi ke Jepara, pada Kamis (12/5/2022).

Lalu siapakah sebenarnya Crazy Rich Jepara yang akrab disapa Mbah Kholil ini?

Kholil merupakan warga Kabupaten Jepara, Jawa Tengah yang saat ini berusia 54 tahun dan Kholil ini sebenarnya merupakan orang tua biasa yang sedang merintis sebuah toko.

Namun, dalam perjalanan hidupnya dia memang sering membantu warga untuk beberapa persoalan. Alhasil dari rasa kepeduliannya ini berarti bukan hal yang tidak mungkin untuk Kholil membangun jembatan dengan uang hingga miliaran rupiah.

Dilihat dari kepribadiannya juga, Kholil atau Mbah Kholil sapaan akrabnya disana, ia memang memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat. Hal itu, terlihat dari salah satu tulisan berbau sastra yang ia unggah pada akun twitternya @Jjoyowaskito.

Advertisement

“Negeri ini dlm keadaan sakit oleh pertarungan para elit, mrk semua membuat opini yang memabuhkan sehingga raungan ambulan kematian bersiliweran. Para elit mencari jln untuk hidup dipuncak… Sedang rakyat biar hidup dijurang2 kematian” tulis Mbah Kholil pada Minggu (15/10/2021).

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Duh, Pendaftar Panwascam di Gunungkidul Minim

Gunungkidul
| Minggu, 25 September 2022, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement