Advertisement

Ini Daftar Program Mudik Gratis 2022 yang Bisa Diakses Masyarakat

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 16 April 2022 - 21:17 WIB
Budi Cahyana
Ini Daftar Program Mudik Gratis 2022 yang Bisa Diakses Masyarakat Suasana di stasiun Pasar Senen, Jakarta menjelang mudik Lebaran 2022 mulai dipadati pemudik pada Kamis, 14 April 2022 - Bisnis/Szalma Fatimarahma.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Setelah vakum beberapa tahun, kini program mudik gratis mulai dibuka oleh beberapa lembaga dan perusahaan.

Bagi Anda yang ingin mudik gratis tahun ini, berikut sejumlah program yang bisa Anda pilih, syarat dan cara daftarnya.

Advertisement

1. Kemenhub

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka pendaftaran mudik gratis untuk Idulfitri 2022 dengan tujuan hanya ke Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Kemenhub menyediakan kuota 21.000 pemudik tahun ini. 

Syarat untuk mendaftar mudik gratis, berikut tahapannya:

1. Mengakses laman www.mudikhubdat2022.com dan mendaftar secara daring;

2. Login dan mengisi data lengkap;

3. Tunggu verifikasi dan validasi sistem;

4. Unduh dan cetak QR e-tiket peserta mudik;

5. Selanjutnya, calon pemudik dapat membawa QR e-tiket beserta data pendukung lainnya (KTP, Kartu Keluarga/KK, Bukti Vaksin) ke lokasi registrasi untuk mendapatkan nomor bus.

Calon pemudik kemudian dapat berangkat sesuai dengan lokasi pemberangkatan dan tujuan sesuai nomor bus. Syarat lainnya untuk mudik gratis ini yaitu wajib memiliki dokumen sah kependudukan seperti KTP dan KK, serta sudah vaksin lengkap/booster.

Syarat mudik gratis sama dengan syarat dan aturan perjalanan yang diatur dalam Surat Edaran (SE) Kemenhub No.38/2022. Untuk itu, pemudik yang baru mendapatakan vaksin dosis kedua diwajibkan membawa hasil tes antigen maksimal 1x24 jam atau PCR maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Sementara itu, bagi yang baru mendapatkan dosis pertama, wajib membawa bukti tes PCR maksimal 3x24 jam sebelum pemberangkatan. Lalu, pemudik yang memiliki kondisi kesehatan khusus dapat membawa bukti hasil tes PCR 3x24 jam dan surat keterangan rumah sakit pemerintah bahwa yang bersangkutan belum /tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19 pada saat pemberangkatan.

Untuk penumpang anak-anak, maka syaratnya wajib untuk menyerahkan dokumen Kartu Keluarga (KK). Selama pendaftaran dan proses keberangkatan, peserta mudik gratis wajib mengunduh dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Bagi calon pemudik yang tidak mempunyai smartphone, maka dapat membawa bukti kartu vaksin dosis lengkap dan booster.

2. Jasa Raharja

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga mencanangkan program mudik gratis pada lebaran 2022 yang akan berlangsung pada 27-28 April 2022. Direktur Utama Perum Damri, Milatia Moemin menjelaskan bahwa Program mudik gratis ini akan dikelola langsung oleh PT Jasa Raharja.

Program ini nantinya akan memberangkatkan sekira 460 bus non reguler yang diperkirakan akan mengangkut sebanyak 205.276 penumpang dengan total 8.175 perjalanan yang akan dimulai sejak H-10 lebaran hingga H+10 lebaran.

Program mudik gratis 2022 ini rencananya akan memboyong para peserta ke beberapa kota tujuan di tiga provinsi besar yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Beberapa kota yang akan dituju diantaranya Solo, Yogyakarta, Pati, Kuningan, Cilacap, Madiun, Semarang, Cirebon, dan Wonogiri.

Namun daftar kota tersebut belum diputuskan secara resmi. Adapun syarat yang diberlakukan bagi para pemudik dengan transportasi umum diantaranya, menjalankan protokol Kesehatan, menggunakan aplikasi Peduli Lindungi, menunjukan bukti telah mendapatkan vaksinasi lengkap, menunjukan surat keterangan negative tes RT-PCR (3x24 jam) bagi para pemudik yang baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama, atau Rapid Test Antigen (1x24 jam) sebelum keberangkatan.

3. Pemprov DKI

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memfasilitasi warga yang ingin mudik tahun ini melalui program Mudik Gratis seiring dengan semakin terkendalinya kasus COVID-19 dan pelonggaran aturan perjalanan dari pemerintah pusat.

292 unit bus disediakan untuk mengangkut pemudik saat arus mudik dan 200 bus saat arus balik.

Selain itu, juga akan disediakan truk untuk mengangkut kendaran roda dua pemudik dengan rincian 22 truk saat arus mudik dan sembilan truk saat arus balik.

Armada yang disiapkan akan mengantar pemudik ke kota-kota tujuan di Pulau Sumatera dan Jawa. Terkait lokasi keberangkatan, baik saat arus mudik dan balik masih tengah dikoordinasikan dengan pemerintah pusat.

Titik keberangkatan pemudik sedang dikoordinasikan apakah di terminal atau di titik lain. Begitu juga dengan hari keberangkatan dan penjemputan.

4. Jasa Raharja

PT Jasa Raharja kembali menggelar program mudik gratis di tahun 2022 dengan mengusung tema “Mudik Sehat Bersama BUMN 2022”.

Diketahui, selama periode Mudik Lebaran 2022, PT Jasa Raharja menyediakan 100 bus untuk 5.000 penumpang yang akan pergi ke 12 kota di Indonesia dengan titik kumpul di Gelora Bung Karno pada 27 April 2022.

PT Jasa Raharja juga menyiapkan moda transportasi kereta api untuk 15.000 penumpang dengan tujuan kota Semarang, Solo, Yogyakarta, Malang dan Surabaya dengan titik kumpul di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakarta Kota pada 27 April - 1 Mei 2022.

5. Bank Tabungan Negara (BTN)

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. ikut mendukung program Mudik Sehat Bersama BUMN yang akan memberangkatkan 15 armada bus atau untuk sekitar 750 orang pemudik.

Rencananya, pemberangkatan para pemudik tersebut akan dilaksanakan pada 27 April 2022.

Para pemudik tersebut juga akan memperoleh fasilitas booster gratis dari Bank BTN.

6. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

BRI yang menyatakan kesediaannya untuk berpartisipasi dalam program “Mudik Sehat Bersama BUMN 2022”.

“BRI akan berpartisipasi dalam program Mudik Sehat Bersama BUMN tahun 2022 yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN.

Dalam kegiatan tersebut, BRI akan menyediakan 20 bus untuk mudik dengan target peserta mudik sebanyak 1.000 orang.

7. Kimia Farma

Kimia Farma kembali menyelenggarakan Program Mudik Bersama atau mudik gratis periode Lebaran 2022 yang dapat diikuti oleh masyarakat umum. Pendafaran mudik gratis telah dibuka oleh PT Kimia Farma mulai 11 April hingga 20 April 2022. 

Kimia Farma membuka kesempatan mudik gratis kepada 480 calon penumpang yang akan diberangkatkan pada 27 April 2022 dari lokasi pemberangkatan awal yang berlokasi di Stadion Gelora Bung Karno menuju ke berbagai kota tujuan diantaranya, Bukit Tinggi, Solo, Yogyakarta, Semarang, Padang, Surabaya dan Malang.

Pendaftaran mudik bersama Kimia Farma 2022 dapat dilakukan secara online melalui website mudik.kimiafarma.co.id, dengan mengikuti langkah-langkah berikut. 

Cara Daftar Mudik Gratis Kimia Farma 

1. Masuk ke laman mudik.kimiafarma.co.id
2. Klik menu “Pendaftaran”
3. Lakukan registrasi akun dengan mengisi beberapa identitas diri
4. Klik “Daftar Akun”
5. Setelah memiliki akun
6. Anda dapat Login dengan menggunakan akun yang sudah didaftarkan sebelumnya
7. Lengkapi formular pendaftaran
8. Setelah melakukan pendaftaran peserta mudik yang telah lolos verifikasi oleh Tim / Manajemen Kimia Farma akan diminta untuk menyelesaikan dan melengkapi Administrasi
9. Melakukan pendaftaran ulang pada 21 hingga 25 April 2022.

Syarat utama yang harus dipenuhi untuk mengikuti program Mudik Bersama Kimia Farma 2022 adalah telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster). Para calon penumpang yang belum mendapatan dosis ketiga vaksinasi Covid-19 nantinya akan mendapatkan booster gratis sebelum keberangkatan dengan jenis Sinopharm.

Adapun, secara lebih lanjut berikut syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan bagi Anda yang berminat untuk turut serta dalam program Mudik Bersama Kimia Farma 2022.

1. Peserta Mudik adalah Masyarakat umum Warga Negara Indonesia dan Karyawan Kimia Farma Group
2. Pendaftaran melalui online pada tanggal 11 – 20 April 2022 di website mudik.kimiafarma.co.id
3. Syarat wajib harus sudah vaksin booster (vaksin dosis ketiga) untuk semua peserta mudik
4. Bagi peserta yang belum booster, Kimia Farma menyediakan vaksin booster Sinopharm untuk usia >18 tahun di Klinik Kimia Farma yang sudah ditentukan secara GRATIS
5. Jika peserta usia <18 tahun belum melakukan vaksin lengkap (booster) dan memiliki penyakit (komorbid) wajib RT-PCR atau Antigen, dengan ketentuan jika sudah vaksinasi dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam dan yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan sesuai ketentuan perjalanan yang berlaku
6. Usia < 6 Tahun dikecualikan terhadap ketentuan Vaksin dan tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT- PCR atau antigen
7. Satu orang Peserta Mudik hanya boleh mendaftar satu kali
8. Pendaftar Mudik dengan Peserta Mudik harus ada hubungan keluarga yang dibuktikan oleh Kartu Keluarga (KK)
9. Pendaftar Mudik yang mendaftarkan Peserta Mudik dari anggota keluarganya tetap mendaftarkan nama peserta satu persatu sesuai dengan tujuan.
10. Pendaftar Mudik boleh ikut sebagai Peserta Mudik, boleh juga tidak ikut (hanya mendaftarkan keluarganya)
11. Anak dibawah 3 tahun yang ikut mudik harus dipangku dan tidak perlu mendaftar.
12. Peserta mudik harus mendaftar dengan menggunakan NIK KTP atau KK bagi yang tidak memiliki KTP
13. Membayar deposit sebesar Rp 50.000,-/orang, waktu pembayaran 1x24 jam setelah mendapatkan kode BRIVA (biaya tersebut akan dikembalikan pada saat hari keberangkatan berupa paket kesehatan, snack, asuransi, baju, dan topi)
14. Peserta Mudik yang belum melakukan pembayaran otomatis dianggap BATAL/CANCEL.
15. Apabila ada pembatalan dari pihak peserta setelah tanggal 21 - 27 April 2022, deposit tidak dapat dikembalikan.
16. Daftar ulang (Verifikasi Dokumen Persyaratan) dilakukan pada tanggal 21 – 25 April 2022
17. Peserta mudik karyawan PT Kimia Farma yang mengikuti mudik bersama harus telah mendapatkan persetujuan cuti dari atasan.

8. ASDP

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) atau ASDP akan membuka program mudik gratis selama periode Lebaran 2022.

Secara umum dalam program ini, ASDP akan menyediakan kapal Ferry bagi pemudik menuju Jawa Tengah. Terkait pengaturan teknis mudik gratis ini, ASDP masih berkoordinasi dengan kedua kementerian tersebut.

Saat ini ASDP masih koordinasi dengan BUMN karena untuk rute dan kuotanya ada pembagian-pembagiannya.

9. Pegadaian

PT Pegadaian mengumumkan turut mendukung program mudik gratis atau Mudik Sehat Bersama BUMN dengan mengerahkan 20 armada bus yang siap mengantar para pemudik ke kampung halaman.

Tujuan mudik ke delapan kota di antaranya Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, Madiun, Malang, Gresik dan Surabaya.

Syarat untuk mengikuti program Mudik Sehat Bersama BUMN relatif mudah. Tentunya harus menjadi nasabah dan tercatat di data base nasabah Pegadaian (Customer Information File/CIF). Kemudian mendaftarkan ke Outlet atau Kantor Area Pegadaian di wilayah Jakarta.

PT Pegadaian mengizinkan peserta untuk mengajak anggota keluarga maksimal tiga orang dan diharuskan dalam satu kartu keluarga (KK). Pendaftaran calon penumpang akan berlangsung hingga 20 April 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement