Advertisement

Ada Mudik Gratis Tahun Ini! Ini Syaratnya

Alifian Asmaaysi
Kamis, 07 April 2022 - 21:57 WIB
Bhekti Suryani
Ada Mudik Gratis Tahun Ini! Ini Syaratnya Kemenhub dan Jasa Raharja menyediakan mudik gratis bagi masyarakat - Antara Foto/Fakhri Hermansyah/wsj

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAKementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Jasa Raharja kembali menggelar agenda mudik gratis 2022 bagi masyarakat untuk merayakan libur mudik Lebaran 2022.

Adapun mudik gratis 2022 diselenggarakan pada 29-30 April 2022. Kuota gratis ini bisa bisa membawa 10.500 orang.

“Rencana jumlah pemudik kurang lebih 10.500 orang yang dapat mengikuti program mudik gratis,” jelas Budi Setyadi selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat, yang dikutip dari Antara, pada Rabu (6/4/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Dijelaskan oleh Budi bahwa nantinya Kemenhub akan bersiap untuk melepas 350 armada bus yang diperuntukkan guna mengangkut para calon pemudik, dan sebanyak 34 truk yang diperuntukkan guna mengangkut kendaraan roda dua (motor).

Dirinya juga menjelaskan bahwa Kementerian Perhubungan telah menyediakan anggaran sebesar Rp10 Miliar dalam rangka menyukseskan program mudik gratis periode 2022.

BACA JUGA: Penemuan Anyar! Ada Sel Baru di Tubuh Manusia, Bersembunyi di Paru-Paru

Nantinya, para calon peserta mudik gratis dapat secara mandiri mendaftarkan dirinya secara online melalui website dan melakukan registrasi di lima lokasi yang sudah ditetapkan yakni, Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi dan Depok.

Adapun syarat yang harus dipenuhi bagi para calon peserta sudah termaktub dalam Surat Edaran (SE) No. 41 Tahun 2022 tentang Pedoman Mudik Gratis TA 2022, salah satunya adalah pemberlakuan vaksinasi primer yakni 2 dosis lengkap dan booster.

Mudik Gratis Jasa Raharja

Tak hanya Kementerian Perhubungan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga mencanangkan program mudik gratis pada lebaran 2022 yang akan berlangsung pada 27-28 April 2022. Direktur Utama Perum Damri, Milatia Moemin menjelaskan bahwa Program mudik gratis ini akan dikelola langsung oleh PT Jasa Raharja.

Advertisement

“Pada tanggal 27-28 April ada angkutan mudik gratis BUMN yang dikelola oleh Jasa Raharja,” tutur Milatia dalam kanal Youtube komisi VI DPR RI yang dikutip pada, Kamis, 7 April 2022.

Program ini nantinya akan memberangkatkan sekira 460 bus non reguler yang diperkirakan akan mengangkut sebanyak 205.276 penumpang dengan total 8.175 perjalanan yang akan dimulai sejak H-10 lebaran hingga H+10 lebaran.

Program mudik gratis 2022 ini rencananya akan memboyong para peserta ke beberapa kota tujuan di tiga provinsi besar yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Beberapa kota yang akan dituju diantaranya Solo, Yogyakarta, Pati, Kuningan, Cilacap, Madiun, Semarang, Cirebon, dan Wonogiri. Namun daftar kota tersebut belum diputuskan secara resmi.

Advertisement

Adapun syarat yang diberlakukan bagi para pemudik dengan transportasi umum diantaranya, menjalankan protokol Kesehatan, menggunakan aplikasi Peduli Lindungi, menunjukan bukti telah mendapatkan vaksinasi lengkap, menunjukan surat keterangan negative tes RT-PCR (3x24 jam) bagi para pemudik yang baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama, atau Rapid Test Antigen (1x24 jam) sebelum keberangkatan.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Peringati Hari Pariwisata Dunia, Bantul Gelar Pertunjukan Seni di YIA

Bantul
| Selasa, 27 September 2022, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement