Advertisement

Kuliah Cuma 3 Tahun, Mahasiswi Ini Jadi Lulusan Terbaik Untidar Tahun Ini

Media Digital
Rabu, 30 Maret 2022 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Kuliah Cuma 3 Tahun, Mahasiswi Ini Jadi Lulusan Terbaik Untidar Tahun Ini Rosalia Aisyiah Rahmawati (kiri). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG--Rosalia Aisyiah Rahmawati, mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tidar didaulat menjadi Wisudawan Terbaik pada Wisuda Sarjana dan Ahli Madya ke-60 yang digelar secara daring dan luring di Gedung Kuliah Umum (GKU) dr. H. Suparsono, Kamis (31/3/2022).

Mahasiswa angkatan 2018 ini meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,93 dengan lama studi tiga tahun enam bulan satu hari.

Advertisement

Rosalia yang merupakan mahasiswi kelahiran Magelang, 15 Oktober 2000 tersebut merupakan mahasiswa Penerima beasiswa program Bidikmisi yaitu bantuan pendidikan bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Saat ini Bidikmisi lebih dikenal dengan istilah Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah .

“Dulu setelah lulus SMK tidak ada niatan untuk kuliah. Inginnya langsung bekerja saja, karena tujuannya daftar SMK juga agar bisa langsung kerja karena setelah ibu saya meninggal dunia saya tidak tega jika harus meminta uang kepada bapak untuk kuliah. Bapak bekerja di fotokopian dekat kampus [Universitas Tidar/Untidar] dan saya masih mempunyai satu adik,” kata dia.

Setelah lulus dari SMKN 2 Magelang, Rosalia sempet bekerja selama 1,5 bulan di sebuah pusat perbelanjaan di Magelang. Ketika mendapat informasi dari temannya bahwa ada beasiswa program Bidikmisi yang bisa membantu dana perkuliahannya, Rosalia akhirnya ikut mendaftar ke Untidar melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). “Alhamdulillah diterima,” kata dia.

Putri kedua dari Wahyudi Mardiono dan almarhumah Musodiqoh ini selain mengisi kegiatannya dengan kuliah dan organisasi kampus juga menyempatkan diri untuk mengajar mengaji di tempat pendidikan Al-qur’an (TPQ) di dekat rumahnya.

Rosalia memilih Untidar adalah karena merupakan kampus negeri dan lokasinya dekat dengan rumah.

Lawan Kemalasan

Menurutnya, kualitas Untidar dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Bahkan kini Untidar pun sudah bisa bersaing dengan kampus-kampus negeri yang sudah lama.

Tak hanya itu, Rosalia pun sempat membagikan beberapa tip dan trik agar mahasiswa yang lain bisa berprestasi sepertinya. Kuncinya, kata dia, adalah belajar rutin dan melawan rasa malas.

“Tip dari saya adalah ketika belajar harus memiliki niat yang kuat, jika tugas dari dosen biasanya langsung saya kerjakan hari itu juga karena takut jika lupa atau tertumpuk pekerjaan yang lain seperti organisasi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pers Sebagai Kontrol Sosial Kinerja di PDAM Tirta Sembada

Sleman
| Rabu, 08 Mei 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement