Advertisement

Kemenko Perekonomian Dukung UMKM Go Internasional

Media Digital
Jum'at, 18 Maret 2022 - 05:17 WIB
Jumali
Kemenko Perekonomian Dukung UMKM Go Internasional Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, saat mengunjungi Sekretariat Pengurus Wilayah Aliansi Kuliner Indonesia, di Jalan Sorosutan 16 A, Umbulharjo, Kamis (17/3 - 2022)./ Ist\\r\\n

Advertisement

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merambah pasar ekspor. Dukungan tersebut diharapkan dapat meningkatkan penghasilan UMKM dan mensejahterakan masyarakat.

"Luar biasa di sini proses final produksi [pengalengan]. Pengalengan ini membuat tahan lama. Sudah diuji kira-kira bisa bertahan hingga dua minggu, masih sesuai cita rasa aslinya," ucap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, saat mengunjungi Sekretariat Pengurus Wilayah Aliansi Kuliner Indonesia, di Jalan Sorosutan 16 A, Umbulharjo, Kamis (17/3/2022).

Di tempat ini berbagai produk makanan dikalengkan, untuk diekspor di berbagai negara. Pada kesempatan ini Airlangga menyaksikan proses pengalengan. Airlangga mengungkapkan akan mendukung penuh UMKM yang ada. "Kami dorong UMKM ini, sudah ada beberapa program," ujar Airlangga.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Ketua Umum Aliansi Produk Nusantara Indonesia, Suci Kuntarsih mengungkapkan selama ini telah bersinergi dan mendapat dukungan Kemenko Perekonomian. Berbagai program telah dijalankan, seperti untuk wisata kuliner halal dan ada juga UMKM go ekspor.

"Kami merasa terbantu selama ini. Ini merupakan pemberdayaan masyarakat, terutama kaum perempuan. Tidak hanya Food and Beverage saja, tetapi kami juga membuat kerajinan tangan, fesyen, dan yang lainnya," ucap Suci.

Suci menjelaskan khusus pengalengan ada berbagai produk makanan yang telah dikalengkan. Ia mencontohkan beberapa produk seperti Gudeg, Bandeng Presto, Sambal Ijo. "Itu sudah kami ekspor mulai dari Asia, Eropa, Afrika, Timur Tengah. Kami sesuai standar yang ada," ucap Suci.

Dikatakannya berbagai produk dari Indonesia juga telah mengikuti expo Internasional, Halal Expo di Turki. Suci mengharapkan kedepan dukungan dari pemerintah dapat terus berjalan, untuk mendorong UMKM di Indonesia dapat eksis di internasional.

"Kami kedepan berharap mendapat dukungan. Mulai dari permodalan. Kemduian, kami harap ada satu tempat untuk kitchen factory, untuk sharing. Selain pembinaan kami harap dukungan ini fasilitas," ucap Suci. (*)

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Peringati Hari Pariwisata Dunia, Bantul Gelar Pertunjukan Seni di YIA

Bantul
| Selasa, 27 September 2022, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement