Advertisement

Isoman Covid-19 Selesai Tanpa Perlu PCR Negatif, Ini Alasannya

Nancy Junita
Minggu, 06 Maret 2022 - 12:17 WIB
Bhekti Suryani
Isoman Covid-19 Selesai Tanpa Perlu PCR Negatif, Ini Alasannya Petugas melakukan tes PCR kepada penumpang anak-anak sebelum melakukan perjalanan kereta api di Stasiun Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (25/12/2021). - Antara Foto/Dedhez Anggara/YU\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Mengapa masa isolasi (isoman) pasien Covid-19 selesai tanpa menunggu hasil pemeriksaan PCR negatif?

Pertanyaan itu, menurut edukator Covid-19 Adam Prabata pada akun Instagram @adamprabata yang dilihat Minggu (6/3/2022), muncul di tengah masyarakat.

Advertisement

Menurut dia, panduan selesai isolasi mandiri Covid-19 terbaru menyatakan, bahwa cukup isolasi 10 hari bila tanpa gejala dan 13 hari bila bergejala dengan 3 hari terakhir tanpa gejala demam, serta gangguan pernapasan tanpa perlu melakukan pemeriksaan PCR ulang.

Pemeriksaan PCR negatif dapat digunakan untuk mempercepat selesai isolasi mandiri sejak hari ke-5 isoman.

“Peraturan ini memunculkan pertanyaan di masyarkat mengenai 'Mengapa tidak wajib untuk menunggu ada hasil PCR negatif untuk selesai isoman?"

Adam menjelaskan, bahwa penelitian menunjukkan bahwa hasil PCR positif pada fase akhir penyakit tidak selalu menunjukkan pasien masih bisa menularkan Covid-19.

BACA JUGA: Lakukan Hal Ini Jika Ponsel Terkena Air

Kemudian, mayoritas penelitian menunjukkan bahwa hari ke-10 sejak bergejala, maka hasil kultur virus sudah negatif.

Kultur virus adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui apakah virus penyebab Covid-19 masih menularkan atau tidak. Hasil tersebut bahkan konsisten juga pada varian Omicron.

Selain itu, hasil PCR positif dapat bertahan dalam jangka waktu cukup lama, bahkan terdapat kasus dimana dapat bertahan hingga 2-3 bulan, padahal pasiennya sudah tidak menularkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement