Advertisement

HPN 2022, Wartawan Magelang Tanam Pohon di Sendang Maren

Nina Atmasari
Jum'at, 04 Februari 2022 - 16:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
HPN 2022, Wartawan Magelang Tanam Pohon di Sendang Maren Sekda Kabupaten Magelang Adi Waryanto didampingi Ketua PWI Jateng dan jajaran Forkopimda saat menanam pohon di Sendang Maren Peringatan HPN 2022, Jumat (4/2/2022). - Ist/dok Prokompim Pemkab Magelang

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG-Para wartawan yang tergabung dalam Perwatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang melakukan penanaman pohon di Sendang Maren, Sawangan, Kabupaten Magelang sebagai upaya dukungan terhadap pelestarian sumber air, Jumat (4/2/2022).

Sendang Maren merupakan salah satu mata air yang dikelola oleh PDAM Tirta Gemilang Kabupaten Magelang. Air dari sini digunakan sebagai sumber mata air untuk beberapa wilayah di Kabupaten Magelang. Selain itu, oleh warga sekitar, sendang ini juga digunakan mandi dan berenang.

Bupati Magelang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, penanaman pohon pada Hari Pers Nasional Tahun 2022 ini menjadi agenda kegiatan yang tepat dilaksanakan di situasi saat ini.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Baca juga: Kuliner Sehat Jogja, Mencicipi Khasiat Jamu Tradisional di Pakualaman

“Di musim hujan banyak terjadi bencana alam seperti tanah longsor dan banjir sehingga dengan menanam pohon merupakan bagian dari upaya pencegahan akan terjadinya bencana alam seperti tanah longsor dan banjir tersebut," kata Adi Waryanto.

Selaras dengan tema yang diusung yaitu 'Memayu Banyu, Ngreksa Wana' dan sejalan dengan telah dianugerahinya Desa Sawangan berupa Tropi Proklim kategori Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2021, Adi Waryanto berharap kegiatan ini menjadi pemicu untuk senantiasa menjaga dan melestarikan alam.

Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Machmud NS mengatakan sudah ke dua kalinya ia menghadiri acara Hari Pers Nasional di Kabupaten Magelang yang ia simpulkan berbeda dari peringatan HPN di Kabupaten/Kota lainnya di Jawa Tengah.

Baca juga: Biar Tidak Salah Beli, Ini Tanda Mobil Bekas Banjir

Dua kali pula ia merasakan puncak peringatan HPN yang diselenggarakan oleh PWI Kabupaten Magelang ini adalah kegiatan yang memancarkan cinta dan kasih sayang, karena telah memilih spot kegiatan yang menunjukkan keberpihakan pada kelangsungan ekosistem sekitar. "Dari tahun 2019 dan 2022 nyata benar yang dilakukan oleh kawan-kawan PWI di Kabupaten Magelang," katanya.

Advertisement

Amir menekankan, kewajiban dan tugas organisasi PWI ini harus mampu mengait dan membangun kemartabatan, profesionalitas, serta eksistensi. Menurutnya, kemartabatan wartawan adalah bagian dari ruh perjalanan profesi dan organisasi yang mesti dimahkotakan.

"Ketika para mitra kerja memberikan respect nyata, penghargaan nyata kepada kita dan profesi kita. Maka cara membalasnya dengan menunjukkan profesionalitas dengan kemampuan Jurnalistik yang nyata dan etika jurnalistik yang bisa dirasakan oleh semua masyarakat," tuturnya.

Kepala Desa Sawangan, Harianto mengatakan Sendang Maren telah dimanfaatkan dan dikelola oleh PDAM Tirta Gemilang, sebagai penyuplai air kedua di Kabupaten Magelang. “Semoga kegiatan ini dapat mendorong warga setempat untuk melestarikan alam sekitar," katanya.

Advertisement

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Profil Samekto Wibowo, Guru Besar UGM yang Meninggal Setelah Terseret Ombak di Gunungkidul

Gunungkidul
| Minggu, 25 September 2022, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendekar Roti Kolmbeng Terakhir di Jogja

Wisata
| Sabtu, 24 September 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement