Advertisement

Bunda Jangan Panik! Begini Cara Tenangkan Bayi yang Menangis

Ni Luh Anggela
Jum'at, 07 Januari 2022 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bunda Jangan Panik! Begini Cara Tenangkan Bayi yang Menangis Bayi menangis

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Bunda tak perlu panik saat mendapati si kecil tiba-tiba menangis dengan nyaring. Jika biasanya kita cenderung melakukan segala hal untuk bisa menghentikan tangisan si kecil, Anda perlu tahu apa penyebab yang membuat si kecil menangis.

Untuk itu, ada cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan tangisan si kecil. Kira-kira apa saja?

Berikut 10 cara yang bisa Anda lakukan, melansir WebMD, Jumat (7/1/2021).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

1. Bedong bayi

Bagi orang dewasa seperti Anda, lampin mungkin terasa seperti mengenakan jaket yang ketat. Tetapi tidak bagi si kecil. Bagi mereka, dibedong rasanya seperti kembali ke dalam rahim.

Bedong bayi dengan cukup pas, tidak terlalu ketat atau terlalu longgar, sehingga mereka tidak bisa melepaskan kaki dan tangan mereka. Namun, berhenti membedong bila si kecil sudah bisa berguling sendiri.

2. Posisi telungkup

Para orang tua cenderung menggendong bayi yang menangis dengan wajah menghadap ke atas, akan tetapi ini tidak cukup membantu. Sebaliknya, atur mereka dengan posisi telungkup atau tengkurap, dengan tangan Anda di bawah perut mereka dan kepala mereka di lengan bawah Anda.

Tekanan pada perut mereka bisa membantu meredakan gas yang membuatnya tidak nyaman.

3. Mainkan white noise

White noise adalah suara berfrekuensi khusus yang dipercaya mampu membuat seseorang tidur lebih nyenyak, termasuk bayi. Memutar white noise dapat membantu mereka merasa berada kembali di dalam kandungan.

Baca juga: Selingkuh Tidak Bisa Jadi Dasar Pengajuan Gugatan Cerai di China

Advertisement

Untuk menciptakan kembali suara yang menenangkan ini, Anda bisa menggunakan benda-benda di sekitar Anda. Misalnya, dengan menyalakan kipas angin, penyedot debu, keran air, atau menyetel radio ke mode statis. Anda juga bisa menemukannya di YouTube.

4. Mengisap dot atau jari

Pada usia bayi, mereka memiliki naluri mengisap yang kuat sehingga dot ataupun jari mereka bisa menenangkan mereka ketika menangis. Selain itu, sebuah studi menunjukkan bahwa dot dapat membantu mencegah sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

5. Buat suara "sssst.."

Buat suara "sssst.." tepat di telinga bayi saat mereka sedang menangis. Buat suara cukup keras sehingga bayi bisa mendengar suara Anda.

Advertisement

6. Ayun-ayunkan si kecil

Saat di dalam kandungan, bayi sudah terbiasa dengan banyak gerakan. Anda bisa mempatkan mereka dalam ayunan, menggantungya di kursi goyang, atau membaringkan mereka dalam ayunan. Bayi yang menangis akan langsung diam dan tertidur.

7. Sentuh bayi dengan pijatan lembut

Sebetulnya, kekuatan menenangkan dari sentuhan Anda sendiri mampu memberikan keajaiban bagi si kecil yang sedang rewel. Banyak bayi yang senang melakukan kontak skin-to-skin.

Penelitian menunjukkan, bayi yang dipijat tampaknya lebih jarang menangis dan tidur lebih nyenyak. Karena itu, cobalah dengan membuka pakaian si kecil dan gunakan sapuan lembut dan tegas pada kaki, lengan, punggung, dada dan wajah mereka. Jangan lupa, tanyakan pada dokter anak sebelum menggunakan minyak atau losion pada bayi.

8. Menggendong bayi

Dalam banyak budaya, bayi menghabiskan sebagian besar waktunya dalam gendongan di punggung atau dada ibu mereka. Saat Anda meletakkan bayi yang menangis di gendongan, mereka dapat tidur dengan tenang karena gerakan Anda. Tidak hanya itu, gendongan juga dapat membantu lengan Anda beristirahat.

Advertisement

9. Buat bayi bersendawa

Saat bayi menangis, mereka dapat menelan banyak udara, dan membuat mereka kembung. Ini tentu membuat mereka menangis semakin parah. Solusinya, tepuk lembut punggung mereka, untuk membuatnya bersendawa.

10. Jangan panik dan stres

Melalui setiap malam dengan suara bayi yang menangis tentu saja menjadi hal yang sulit bagi para orang tua. Normal bila Anda merasa kewalahan, frustrasi dan tidak mampu menyelesaikan pekerjaan.

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, istirahatlah. Serahkan si kecil kepada pasangan, anggota keluarga, pengasuh atau sahabat Anda. Bila ini bukan pilihan yang tepat, biarkan bayi menangis di boksnya sebentar sembari menenangkan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Rawan Bencana Hidrometeorologi, BPBD Bantul Siagakan Pos di 29 Kalurahan

Bantul
| Sabtu, 08 Oktober 2022, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement