Survei UIN Jakarta: 39% Pelajar Percaya Pandemi Covid-19 Hukuman Tuhan

Ilustrasi tenaga kesehatan (nakes) siap menyuntikkan vaksin dosis ketiga atau booster - Twitter Kemenkes RI
05 Januari 2022 17:27 WIB Indra Gunawan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Survei Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta menunjukkan 39% pelajar di Indonesia percaya pandemi Covid-19 adalah hukuman Tuhan. Lalu, 30% siswa percaya dengan berita bohong atau hoaks serta teori konspirasi.

Survei yang dilakukan dari September – Oktober 2021 bertujuan untuk melihat kaitan pandangan keagamaan dengan partisipasi siswa dalam program vaksinasi  dan protokol kesehatan.

“Contoh bahwa siswa percaya hoaks yakni siswa banyak percaya bahwa rumah sakit kerap mengcovidkan pasien yang datang ke rumah sakit,” kata Direktur Eksekutif PPIM UIN Jakarta Profesor Ismatu Ropi dalam jumpa pers virtual, Rabu (5/1/2022).

Sementara itu, hasil survei juga menunjukkan 48 persen siswa memilih pasrah dengan adanya pandemi dan 12,88 persen siswa percaya vaksinasi bertentangan dengan agama. Kemudian, 41,2 persen pelajar di Indonesia masih abai terhadap cuci tangan, 20,1 persen belum konsisten pakai masker, 41,4 persen masih abai terhadap jaga jarak satu sama lain dan 64,8 persen siswa masih sering melakukan kumpul-kumpul.

Survei tersebut melibatkan 2.358 respon siswa SMA, SMK, dan MA di 34 provinsi yang dikelola pemerintah. 2,02 persen margin of error dengan tingkat kepercayaan 95 persen. 

“Dari hasil survei tersebut terdapat kesimpulan bahwa pemahaman keagamaan berpengaruh terhadap tingkat kedisplinan protokol kesehatan,” ujar Ismatu Ropi.

Sumber : JIBI/Bisnis.com