Branding Kampung Wisata Terpilih Jadi Program Terunggul PkM UKDW

Reviewer penilai program dari UKDW - Istimewa
28 Desember 2021 13:17 WIB Media Digital News Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Program dari salah satu tim pengabdian kepada masyarakat(PkM) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta dengan judul Implementasi Branding Kampung Wisata Kota Yogyakarta sebagai Daya Tarik Wisata Sepeda terpilih menjadi Program Terunggul Pengabdian kepada Masyarakat UKDW Yogyakarta.
Tim PkMini terdiri dari Dr.-Ing., Wiyatiningsih, S.T., M.T., Kristian Oentoro, S.Ds., M.Ds., Dr.-Ing Sita Yuliastuti Amijaya, S.T., M.Eng., Lintang Lokeswara Paramanandana, dan Jerry Alexander. Program tersebut terpilih melalui beberapa tahap penilaian yang dilakukan oleh reviewer penilai program yakni Dr.-Ing. Paulus Bawole, MIP.danDr. Charis Amarantini, M.Si.Dr.-Ing.
Paulus Bawole, MIP.,menyebutkan penilaian program merupakanbagiandari proses pemberian apresiasi pada seluruh tim yang mengikuti Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Penelitian dan Purwarupa PTS Tahun 2021.
Penilaian ini diharapkan untuk memberikan standar kompetensi dengan indikator penilaian yang terukur, sehingga proses masing-masing tim mendapatkan penghargaan dengan kriteria yang jelas.
“Penilaian dengan indikator yang terukur juga akan memberikan kesempatan untuk setiap tim melakukan evaluasi atas perencanaan dan pelaksanaan program. Pada saat yang sama, proses penilaian ini sekaligus memberikan saran dan peta baru untuk program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada tingkat universitas. Saran dan kesimpulan masing-masing tim diharapkan dapat dijadikan bahan usulan untuk pembaharuan renstra penelitian di UKDW,” terangnya.
Sementara itu, Dr. Charis Amarantini, M.Si.menjelaskan tujuan dari penilaian program ini adalah untuk mendapatkan informasi terkini proses perencanaan dan pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan indikator yang terukur, serta mendapatkan saran dan pemikiran untuk memperbaharui kebijakan program MBKM, penelitian,dan pengabdian kepada masyarakat di UKDW.
Indikator penilaian untuk program PkM yang telah disepakati adalahketepatan program PkM, kesesuaian metode pelaksanaan, manfaat program, dankeberlanjutan program. Sedangkan untuk program penelitian kebijakan MBKM dititikberatkan pada peningkatan proses partisipatori dalam metode pembelajaran serta strategi praktis dalam penyusunan program 20 SKS di luar kampus.