Malioboro Dikira Candi, Cuitan di Twitter Ini Bikin Heboh

Twit yang menyebut Malioboro dikira candi. - Ist/tangkapan layar
16 Desember 2021 22:07 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Sebuah unggahan di media sosial menjadi viral. Meski tidak jelas siapa sosok pengunggahnya, unggahan ini mendapatkan banyak respon dari warganet.

Unggahan tersebut berasal dari akun twitter @convomfs yang diduga merupakan akun fanbase. Dalam keterangannya, akun tersebut mencuitkan automenfes tentang apapun.

Salah satu cuitan yang diunggah oleh akun tersebut berhasil menarik perhatian warganet, terutama asal Jogja. Cuitan itu berisi tentang Malioboro.

Twit tersebut berisi pernyataan yang menyebut Malioboro ternyata berisi jajanan dan baju. Rupanya, ia mengira awalnya adalah candi.

"ternyata malioboro tu isinya kek jajanan sama baju baju gt yaa... kukira candi," tulis akun @convomfs sambil menambahkan emoji senyum terbalik. Ia juga menambahkan foto suasana Malioboro yang berupa jalur pedestrian, dengan bangku di tepinya. Ada sejumlah orang duduk di bangku tersebut, ada pula yang berjalan. Bagian muka orang-orang tersebut ditutup dengan emoji.

Unggahan yang muncul pada Rabu (15/12/2021) siang itu langsung viral. Dalam waktu sehari, unggahan itu dibagikan ulang 1.068 kali, dikomentari 2.296 kali dan disukai lebih dari 20.200 warganet.

Ada warganet yang mempertanyakan pengetahuan pemilik akun twitter tersebut yang dinilai tidak tahu apa itu Malioboro.

"Aku kira semua udah tau malioboro, ternyata aku kepedean. Alias mosok yo ra reti heii...," komentar akun @bagaswarass__.

"Seumur2 baru denger ada candi malioboro," tambah akun @_ideaal.

Namun, banyak pula warganet yang sudah tahu bahwa twit ini dibuat sebagai menfess. Warganet seperti ini pun menanggapi dengan tak kalah lucunya.

"Pas sebelum ke malioboro gue juga ngiranya pabrik rokok nder," tulis @HALSUISSE0.

"sender jangan bilang ngiranya kalo 0km itu sejenis jalan tol," komentar @bucinmangofloat.

Nah, itulah twit yang cukup membuat riuh media sosial twitter. Cuitan tersebut diunggah oleh akun @convomfs yang melakukan menfess secara otomatis.

Dikutip dari berbagai sumber, menfess merupakan singkatan dari kalimat bahasa Inggris, yaitu 'Mention Confess' dan sering digunakan di media sosial untuk mengungkapkan perasaan atau pesan kepada orang yang disuka tanpa memberikan identitas si pengirim.

Biasanya 'menfess' dipakai untuk mengungkapkan perasaan terpendam atau bahkan kebencian. Sender biasanya menggunakan jasa fanbase sebagai pengirim twit/menfess tersebut. Jadi, dia akan mengirimkan direct message ke akun fanbase, dan akun tersebutlah yang mengubah direct message tadi menjadi twit.