Advertisement

Anoman Datangi Rumah Warga Kalinegoro untuk Vaksinasi Covid-19

Nina Atmasari
Kamis, 02 Desember 2021 - 21:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Anoman Datangi Rumah Warga Kalinegoro untuk Vaksinasi Covid-19 Painem mendapatkan vaksinasi di depan rumahnya di Desa Kalinegoro Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang, Kamis (2/12/2021). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG- Beragam cara dilakukan guna menarik minat warga agar ikut vaksinasi Covid-19. Di Desa Kalinegoro Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang, vaksinasi dilakukan dengan melibatkan tokoh wayang Anoman.

Seorang pria didandani menjadi mirip Anoman. Ia memakai baju putih, celana putih dan selendang batik. Selain itu, wajahnya juga ditutupi dengan topeng dengan mulut moncong sertapenutup kepala bulat. Pria itu bahkan memoles mukanya menjadi berwarna putih sehingga menunjukkan dirinya totalitas dalam memerankan tokoh Anoman.

Advertisement

Tokoh tersebut mendampingi bersama sejumlah tenaga kesehatan (nakes) berjalan menyusuri perumahan padat penduduk di Perumnas Kalinegoro. Di depan rumah warga mereka berhenti. Seorang perempuan renta bernama Painem tergopoh-gopoh keluar dari rumah tersebut. Anoman dengan sigap membantu Painem berjalan menggunakan alat bantu, lalu duduk di kursi.

Baca juga: Agar Tak Liburan Akhir Tahun, Siswa di Bantul Bakal Dibebani Banyak Tugas

“Akhirnya bisa ikut vaksinasi. Mau berangkat ke Balai Desa apalagi Puskesmas susah jalannya. Untunglah ada vaksin ke rumah, jadi saya bisa ikut,” kata Painem, 75, kepada petugas yang memeriksa kesehatannya, dalam vaksinasi bersama Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah, Kamis (2/12/2021).

Kepada Desa Kalinegoro, Hajid Mulyono mengungkapkan dari total sekitar 10.000 warga sasaran vaksinasi Covid-19 di desanya, saat ini masih ada sekitar 15% yang belum divaksin. “Mereka yang belum divaksin adalah warga yang kesulitan mendatangi lokasi vaksin, seperti Mbah Painem ini. Jadik ketika ada vaksinasi door to door, ini sangat membantu warga kami yang belum divaksin,” katanya.

Menurut Hajid, dengan mengajak Anoman, beberapa warga yang semula tidak bersedia divaksin karena sejumlah faktor tersebut, akhirnya bersedia. Antusias warga bertambah setelah melihat anoman. Bahkan yang semula takut, menjadi berani. Dari capaian vaksinasi ini, ia berharap bisa mendukung tercapainya herd immunity (kekebalan komunal) pada akhir 2021. 

Baca juga: Galon Isi Ulang Terancam Hilang karena Perubahan Aturan

Kabag Ops Binda Jateng, Isworo Winahyo yang hadir pada kegiatan itu menyebutkan ada sebanyak 4.000 dosis vaksin disiapkan Binda Jateng, untuk pelaksanakan vaksinasi di tiga kecamatan di Kabupaten Magelang meliputi Kecamatan Candimulyo, Mertoyudan dan Mungkid.  Vaksinasi ini menyasar pelajar dan masyarakat secara door to door, mendatangi langsung ke rumah warga.

Tenaga kesehatan dari Binda Jateng, katanya, menyisir warga yang belum melaksanakan vaksin terutama kelompok difabel dan lansia. “Pelaksanaan door to door diharapkan mampu meningkatkan capaian vaksinasi wilayah yang menjadi lokasi pelaksanaan vaksinasi,” katanya.

Adapun vaksinasi pelajar diharapkan dapat membantu terselenggaranya PTM (pembelajaran tatap muka).

Menurut Isworo, saat ini seluruh jajaran Binda Jateng sedang berupaya keras untuk memberikan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat. Hal ini untuk mendukung kebijakan Kepala BIN untuk menyelesaikan target 2 juta dosis vaksin secara nasional dalam dua bulan dan Binda Jateng mendapatkan alokasi sebesar 177.000 dosis yang harus dihabiskan hingga akhir 2021.

"Kami optimis dengan Kerjasama seluruh pihak target tersebut dapat kami selesaikan dan dapat membantu wilayah mencapai target 70 persen vaksinasi," katanya.

Isworo juga berharap pada libur Nataru 2022 mendatang, masyarakat dapat menahan diri untuk tidak melakukan perjalanan keluar daerah untuk menekan persebaran covid-19. "Dengan terselenggaranya program ini, kami berharap aktivitas masyarakat di wilayah dapat kembali seperti sediakala, seperti sebelum terjadinya pandemi," harapnya. (Nina Atmasari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Takbir Keliling di Bantul Boleh tetapi Terbatas, Tak Boleh Ada Petasan dan Obor Api

Bantul
| Selasa, 19 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement