Terbaru! Varian Omicron Sudah Menyebar di 22 Negara Ini Daftarnya

Ilustrasi Covid-19 varian Omicron - DW.com
01 Desember 2021 17:17 WIB Feni Freycinetia Fitriani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Merebaknya Covid-19 varian Omicron membuat pemerintah di banyak negara memberlakukan pengetatan perjalanan luar negeri. Berikut daftar 22 negara yang sudah melaporkan kasus varian Omicron hingga Rabu (1/12/2021).

Data terbaru, Nigeria mengonfirmasi kasus pertama Covid-19 varian Omicron. Hal itu diumumkan ketika negara-negara memperketat pembatasan perjalanan internasional dalam upaya memperlambat penyebaran varian baru virus Corona.

Pusat Pengendalian Penyakit Nigeria (NCDC) mengatakan dua kasus mutasi baru terdeteksi di antara dua pelancong yang tiba dari Afrika Selatan minggu lalu. Kabar tersebut disampaikan oleh CEO pembuat vaksin Covid-19 BioNTech Ugur Sahin.

"Sementara varian Omicron dapat menyebabkan lebih banyak orang yang divaksinasi menjadi terinfeksi. Mereka kemungkinan akan tetap terlindungi dari penyakit parah," ujar Ugur Sahin seperti dikutip dari Aljazeera, Rabu (1/12/2021).

Nigeria menambah daftar negara yang sudah melaporkan kasus varian Omicron. Berdasarkan catatan Bisnis, saat ini varian Omicron telah tercatat di 22 negara di seluruh dunia.

Para ilmuwan telah berusaha keras untuk mempelajari lebih lanjut tentang efek varian Omicron, yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan minggu lalu. Meski demikian, belum banyak data yang bisa diungkap ke publik lantaran masih sedikitnya sampel varian Omicron yang diteliti di laboratorium.

BACA JUGA: Rihanna Dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Negara Ini

Selain itu, masih belum jelas di mana atau kapan varian pertama kali muncul. Namun, negara-negara telah bergegas untuk memberlakukan pembatasan perjalanan, terutama pada pengunjung yang datang dari Afrika Selatan.

Padahal, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah menyerukan langkah-langkah "rasional" untuk menanggapi varian Omicron tersebut. WHO sendiri telah menetapkan Omicron ke dalam kategori variant of concern (VOC).

Kasus varian Omicron paling banyak terjadi di Afrika Selatan sebanyak 77 kasus, Bostwana 19 kasus, Inggris Raya 14 kasus, Belanda 14 kasus, dan Portugal 13 kasus.

Berikut daftar 22 negara yang telah melaporkan penemuan kasus Covid-19 varian Omicron hingga Rabu (1/12/2021). Mulai dari Afrika Selatan, Australia, Brasil, hingga Nigeria. 

1. Australia
2. Austria
3. Belgia
4. Botswana
5. Brasil
6. Kanada
7. Republik Ceko
8. Denmark
9. Jerman
10. Hong Kong
11. Israel
12. Itali
13. Jepang
14. Belanda
15. Portugal
16. Afrika Selatan
17. Spanyol
18. Swedia
19. Swiss
20. Inggris
21. Nigeria
22. Papua Nugini

Sumber : JIBI/Bisnis.com