Survei: Prabowo-Ganjar Paling Sering Dapat Perhatian

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat bertemu di sebuah acara beberapa waktu lalu. - JIBI/Bisnis.com
12 November 2021 23:17 WIB Edi Suwiknyo News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Ketua umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendominasi pemberitaan media online nasional berdasarkan survei ARCHI Research & Strategic.

Kesimpulan itu diperolah dari media monitoring terhadap 20 media online nasional yang dilakukan dengan metode purposive sampling dengan menganalisis semua berita yang berkaitan dengan kata kunci “capres” rentang waktu 1 – 7 November 2021.

“Baik Prabawo Subianto, maupun  Ganjar Pranowo, di-mention sebanyak 69 kali dalam berita. Artinya, kedua tokoh tersebut mendapatkan perhatian lebih dari media,” kata Direktur Eksekutif ARCHI Research & Strategic, Mukhradis Hadi Kusuma dalam keterangan resminya, Jumat (12/11/2021).

Mukhradis mengatakan, sosok capres berikutnya yang kerap disebut dalam berita adalah Puan Maharani sebanyak 61 kali, Anies Baswedan sebanyak 45 kali, disusul Sandiaga Uno dan Airlangga Hartarto masing-masing sebanyak 28 kali.

Catatan khusus soal Airlangga, meski digadang-gadang akan maju sebagai calon presiden (capres) dari Partai Golkar, popularitasnya di hampir semua lembaga survei tercatat paling rendah.

Tak perlu membandingkan dengan Ganjar atau Prabowo yang selalu di peringkat dua besar, popularitas Airlangga terpaut cukup jauh dibandingkan Puan Maharani. Jika merujuk ke survei ARCHI, Airlangga hanya disebut 28 kali, sementara Puan tercatat sebanyak 61 kali.

Pun demikian dari sisi elektabilitas, survei SMRC yang dipublikasikan belum lama ini menempatkan Airlangga di peringkat juru kunci. Elektabilitas Airlangga hanya 0,5 persen kalah jauh dibandingkan Prabowo dan Ganjar yang mencapai dua digit. 

Dia menambahkan, meskipun dalam berita tidak dijadikan sebagai obyek utama pemberitaan, namun nama lain juga cukup banyak disebutkan.

“Total ada 27 nama yang disebutkan berkaitan dengan bursa capres dengan jumlah 411 kali penyebutan, baik sebagai obyek utama berita, maupun hanya disebutkan namanya dalam berita,” ujar Mukhradis.

Media juga mulai memberikan porsi berita terkait dukungan deklarasi relawan. Merujuk hasil media monitoring ARCHI, disebutkan sebanyak 70 kali. Selama rentang waktu penelitian, terdapat deklarasi relawan antara lain, deklarasi Relawan Kawan Sandi, serta deklarasi Poros Prabowo Puan.

“Ke depan dinamika dukungan deklarasi relawan terkait nama capres tertentu akan makin bertambah seiring makin dekatnya kontestasi capres 2024,” ujar Mukhradis.

Sumber : JIBI/Bisnis.com