Advertisement

Mengidap Kanker Prostat, SBY Telepon Jokowi Mau Berobat ke Luar Negeri

Newswire
Selasa, 02 November 2021 - 14:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mengidap Kanker Prostat, SBY Telepon Jokowi Mau Berobat ke Luar Negeri Presiden ke-enam RI, Susilo Bambang Yudhoyono dan lukisannya. - Ist/twitter

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Staf pribadi Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ossy Dermawan menyampaikan bahwa SBY akan menjalani medical check up dan perawatan di luar negeri lantaran disebut menderita penyakit Kanker Prostat. Sesuai etika, SBY sudah menelpon secara langsung Presiden Joko Widodo untuk meminta izin ke luar negeri.

"Sesuai dengan etika dan tata krama yang dianut Bapak SBY, beliau sudah menelepon Bapak Presiden Jokowi untuk melaporkan rencana berobat ke luar negeri," kata Ossy dalam keterangannya yang diterima Suara.com, Selasa (2/11/2021).

Advertisement

Ossy mengatakan, Jokowi pun langsung memberikan respons baik terhadap rencana pengobatan ke luar negeri SBY. Tim dokter kepresidenan pun turut akan mendampingi SBY selama di luar negeri.

"Presiden Jokowi memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu-dua anggota Tim Dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut," tuturnya.

Baca juga: Rekanan Proyek Pembangunan Balai Kalurahan Baleharjo Divonis Satu Tahun Penjara

Menurut Ossy, berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan dan pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal.

Ia mengatakan, sesuai dengan kondisi kesehatan SBY saat ini, Tim Dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan SBY.

"Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat," tuturnya.

Ossy mengatakan, Ketua Tim Dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan SBY via telemedicine, setelah mempelajari semua data kesehatan SBY, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita SBY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

KPU Buka Layanan Konsultasi bagi Paslon Perseorangan di Pilkada Kota Jogja

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement