Hari Santri, Ini Pesan Jokowi untuk Santri

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi yang mengajak sang cucu Jan Ethes saat menghadiri acara Apel Akbar Santri di Benteng Vastenburg Solo, Sabtu (20/10). - Instagram@jokowi
22 Oktober 2021 21:27 WIB Akbar Evandio News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peringatan Hari Santri Nasional yang digelar di Istana Negara, Jakarta, Jumat (22/10/2021). 

Pada kesempatan itu Jokowi menyampaikan selamat memperingati Hari Santri nasional yang jatuh pada hari ini tanggal 22 Oktober. Dia berharap para santri terus berkontribusi bagi kemajuan Indonesia.

“Dan saya mengucapkan Selamat Hari Santri. Selamat berkontribusi untuk kemajuan negeri,” katanya, Jumat (22/10/2021).

Selain itu, Jokowi turut meluncurkan logo baru Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) yang turut dilaksanakan pada peringatan Hari Santri.

“Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim saya juga meluncurkan logo baru masyarakat ekonomi syariah dan saya mengucapkan selamat hari Santi selamat berkontribusi untuk kemajuan Negeri,” ujarnya.

Sekadar informasi, Jokowi menetapkan Hari Santri Nasional melalui Keputusan Presiden (Keppres) No.22/Tahun 2015. 

Penetapan tanggal 22 Oktober tidak lepas dari peran ulama dan para santri di masa kemerdekaan. Pada 22 Oktober 1945, Kiai Hasyim Asy'ari menyerukan Resolusi Jihad sebagai bentuk komitmen dan kewajiban umat Islam mempertahankan bangsa dan negara ini.

Adapun, Wakil Presiden Maruf Amin, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, para ulama dan pengasuh pondok pesantren turut hadir dalam acara tersebu

Sumber : bisnis.com