Dekat dengan Ganjar, Gibran: Emang Aku Celeng?

Gibran Rakabuming Raka - JIBI/Solopos/Farida Trisnaningtyas
16 Oktober 2021 14:17 WIB Mariyana Ricky Prihatina Dewi News Share :

Harianjogja.com, SOLO—Dukungan sejumlah kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ke Ganjar Pranowo untuk maju di Pilpres 2024 menjadi polemik hingga muncul istilah celeng.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, ikut angkat suara terkait hal itu. Ia diketahui dekat dengan Ganjar Pranowo yang juga Gubernur Jawa Tengah. Kali terakhir, dia dan Wali Kota Bogor, Bima Arya yang juga Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) bertemu di rumah dinas Gubernur Jawa Tengah di Semarang pada Kamis (14/10/2021).

Soal pertemuan dan kedekatannya dengan Ganjar, Gibran mengaku dekat dengan semua orang. Tak terkecuali Ganjar, yang dianggapnya sebagai senior dan mentor. Saat ditanya terkait kubu celeng dan benteng, Gibran hanya menjawabnya dengan candaan. “Hla emange (memangnya) aku celeng,” ucapnya, di hadapan wartawan, Jumat (15/10/2021). Ia lantas berucap pertemuannya itu bukan soal dukung mendukung.

Ganjar yang dianggapnya sebagai, membuat Gibran banyak berkonsultasi. “Kayak kemarin saya titip (Taman) Balekambang kayak gini lho pak, ada tanah provinsi minta dibantu. Kebetulan ada Pak Arya Bima kemarin selaku Ketua Apeksi, saya juga ikut mendampingi saat di Jogja. Kemudian, saya diminta mendampingi ke Semarang. Paginya memang ada acara, kemudian ikut ke Puri Gedeh (Rumdin Gubernur),” ungkapnya.

Ihwal lampu hijau yang diberikan oleh Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, yang membebaskan kadernya mendukung Ganjar, ia hanya mengaku hanya fokus pada penanganan Covid-19.

“Saya fokus Covid-19 dulu. Soal pernyataan Pak Rudy (keputusan terkait Capres dari PDIP ada di tangan aaibu Ketua Umum PDIP) saya rasa sangat menyejukkan. Kemarin agak panas. Statement dr Pak Rudy sangat menyejukkan. Kan 2024 isih suwe (masih lama),” kata dia.

Sumber : JIBI/Solopos