Advertisement

12 Daerah di Jateng Naik Level PPKM karena Vaksinasi Rendah

Imam Yuda Saputra
Sabtu, 09 Oktober 2021 - 11:37 WIB
Budi Cahyana
12 Daerah di Jateng Naik Level PPKM karena Vaksinasi Rendah Ilustrasi - Antara/Jessica Helena Wuysang

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG—Pemerintah menjadikan capaian vaksinasi sebagai indikator atau penentu level PPKM suatu daerah. Akibatnya, 12 daerah di Jawa Tengah (Jateng) yang sebelumnya masuk PPKM Level 2, naik menjadi level 3 karena dianggap capaian vaksinasi masih rendah.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, justru mengapresiasi langkah pemerintah pusat dalam menentukan level PPKM suatu daerah. Menurutnya, langkah itu bagus karena membuat kepala daerah bisa mempercepat proses vaksinasi di daerahnya.

Advertisement

"Justru itu bagus menurut saya. Kalau daerah capaian vasinasinya belum 50%, maka levelnya akan naik. Dengan begitu, kawan-kawan bisa ngebut," ujar Ganjar saat ditemui di kantornya, Jumat (8/10/2021).

Menurut Ganjar untuk mempercepat vaksinasi suatu daerah tidaklah sulit. Hanya membutuhkan kemauan dari pemerintah daerah setempat.

"Itu gampang kok. Seluruh faskesnya dipakai saja, kantor kelurahan juga. Sudah itu yang paling gampang untuk melakukan percepatan [vaksinasi]. Apalagi yang sulit? tidak ada. Hanya butuh mau saja. Mau nyuntik, mau ngundang warga, dan mau mengisi aplikasi Pcare dan SMILE. Itu selesai. Sesederhana itu sebenarnya," tegas Ganjar.

Menurut Ganjar, ada yang masih kesulitan dalam pengisian aplikasi itu. Dengan adanya perubahan ini, maka seluruh daerah harus mau belajar dan bisa menggunakannya.

"Kalau kemarin enggak tahu, sekarang harus tahu. Kalau ada yang tidak mampu, bilang ke kami maka akan kami turunkan tim. TNI/Polri juga siap, BKKBN juga siap. Kami siap bantu, tapi toling di daerah ada percepatan," tegasnya.

Sementara itu, berdasarkan Instruksi Mendagri No. 47/2021 tentang perpanjangan PPKM Level 4,3,2 dan 1 yang berlaku mulai 5-18 Oktober, ada 12 daerah di Jateng yang mengalami kenaikan dari level 2 ke level 3. Kenaikan level itu dikarenakan capaian vaksinasi Covid-19 masih rendah.

Ke-12 daerah itu yakni Temanggung, Rembang, Pemalang, Pati, Kudus, Kota Pekalongan, Banjarnegara, Kabupaten Pekalongan, Jepara, Grobogan, Blora, dan Batang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Soimah Pancawati Masuk Radar Calon Bupati Bantul, PDIP Akan Sodorkan Formulir

Bantul
| Jum'at, 19 April 2024, 18:32 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement