Benarkah Hacker 13 Tahun Penyebab Facebook, WhatsApp dan Instagram Down?

Ilustrasi
07 Oktober 2021 14:27 WIB Jessica Gabriela Soehandoko News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Pada tanggal 4 Oktober 2021, ketiga platform media sosial Facebook, Instagram, dan Whatsapp down selama sekitar enam jam.

Beberapa situs dan netizen di Twitter dan Facebook mengklaim bahwa hal tersebut disebabkan oleh Sun Jisu, peretas China berusia 13 tahun.

Selain itu, bahkan beberapa media mengatakan bahwa Sun Jisu berada di balik penangguhan layanan media sosial di dunia. Kata “Sun Ji Su” juga telah menduduki puncak mesin pencari terkenal di platform Twitter selama beberapa waktu.

Namun faktanya, hal tersebut adalah informasi yang hoax atau palsu. Dilansir dari Techcarp, berikut beberapa alasannya.

1. Media internasional tidak menyalahkan China

Tidak ada media arus utama yang menyalah China selama pemadaman tersebut. Praktis semuanya merujuk pada spesialis keamanan siber yakni paling mungkin disebabkan karena kegagalan DNS.

2. Media Reuters + NYT tidak melaporkan peretas China manapun

Reuteurs dan New York Times tidak menyebutkan bahwa penyebabnya dilakukan oleh Sun Jisu yakni peretas China berusia 13 tahun. Klaim bahwa kedua media menyebutkan Sun Jisu adalah kebohongan.

3. Sun Jisu/Sun Ji Soo 13 tahun tidak ada

Faktanya, tidak ada hacker China berusia 13 tahun yang bernama Sun Jisu / Sun Ji Su / Sun Ji So / Sun Ji Soo. Selain itu, Sun Jisu / Sun Ji Soo adalah nama Korea, bukan China. Namun pada dasarnya, Sun Jisu itu tidak ada.

4. Foto yang tersebar adalah foto lama Wang Zhengyang

Wang Zhengyang berusia 13 tahun pada waktu itu dan pada tahun ini berusia 20 tahun. Foto yang tersebar sendiri adalah ketika Wang Zhengyang berbicara di Konferensi Keamanan Internet Tiongkok 2014.

5. Layanan Facebook tidak bisa digunakan karena perubahan konfigurasi

Layanan Facebook tidak dijatuhkan oleh peretas, tetapi perubahan konfigurasi yang dimulai oleh tim teknik mereka sendiri secara internal. Hal ini dikonfirmasi oleh Wakil Presiden Infrastruktur Facebook, Santosh Janardhan.

6. Masalah Akses Disebabkan Oleh Server yang Sama

Facebook menjalankan sistem internal mereka melalui server yang sama, sehingga mereka tidak bisa mengakses saat server tersebut offline. Selain itu, staf Facebook tidak dapat memperoleh akses ke kantor yang tidak ditentukan menggunakan kartu kunci mereka.

Masalah lainnya dikarenakan banyak staf Facebook yang bekerja dari rumah karena tindakan pencegahan COVID-19, sehingga menjadi masalah bagi para insinyur yang mencoba mendapatkan akses ke pusat data Facebook di Santa Clara, California.

Sumber : bisnis.com