Telkomsel Gangguan, Ini Sejumlah Wilayah yang Internetnya Jadi Lemot

BTS Telkomsel yang menggunakan sumber energi ramah lingkungan melalui teknologi fuel cell. istimewa
20 September 2021 04:37 WIB Anggara Pernando News Share :

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkomsel mengungkapkan wilayah Indonesia Timur, mengumumkan gangguan layanan internet yang tengah terjadi paling berdampak di sebagian Indonesia Barat dan Indonesia Tengah.

Melaluii akun twitter terverifikasi @Telkomsel, anak usaha PT Telkom Indonesia (persero) Tbk itu menyampaikan detail wilayah yang internetnya mengalami gangguan adalah sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

"Saat ini kami bersama TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukan penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak. Sedangkan, untuk layanan telpon dan SMS masih dapat diakses dengan normal," ulas akun @telkomsel, Minggu (19/9/2021).

Disebutkan juga, pihak Telkomsel meminta maaf atas kejadian gangguan ini.

"Kami akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala," ulas Telkomsel lebih lanjut.

Sementara itu, PT Telkom Indonesia (persero) Tbk. (TLKM) menjanjikan pemulihan gangguan yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia untuk pelanggan Telkomsel dan Indihome dapat pulih sebelum tengah malam.

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza mengatakan gangguan terjadi pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan (Jasuka) ruas Batam - Pontianak. Gangguan sistem terjadi mulai pukul 17.33 WIB.

Gangguan itu berdampak pada penurunan kualitas layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia. Layanan fixed broadband Telkom mengusung IndiHome, sementara mobile broadband dijalankan oleh anak usaha yakni Telkomsel.

"Mohon maaf atas kejadian ini. Saat ini kami sudah langsung melaukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini. Kami masih mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan,” kata Reza dalam pernyataan resminya, Minggu (19/9/2021).

Dia mengatakan pihak Telkom berupaya mengatasi gangguan secepatnya sehingga layanan TelkomGroup dapat kembali normal.

Sumber : Bisnis.com