Wamenkes Ingatkan Kemungkinan Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19 Lagi

Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono. - Kemkes.go.id
06 September 2021 14:57 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Kasus penambahan positf Covid-19 di Tanah Air secara keseluruhan menurun. Namun, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengingatkan bahwa potensi kenaikan kasus terkonfirmasi Covid-19 masih ada.

“Kita harus tetap waspada bahwa penurunan kasus ini mungkin saja dapat terjadi peningkatan lagi kalau kita tidak melakukan penguatan-penguatan di berbagai macam sistem,” kata Wamenkes dalam sebuah webinar dikutip dari YouTube RSPAD Gatot Soebroto, Minggu (5/9/2021).

Lebih lanjut, Dante menyebutkan beberapa negara yang memiliki tingkat vaksinasi tinggi pun kini mengalami peningkatan kasus terkonfirmasi.

Baca juga: Bantu Masyarakat Jogja Miliki Rumah, BPD DIY Genjot Kredit Perumahan Murah

Wamenkes mencontohkan Amerika Serikat, Inggris, dan Israel yang notabene telah melakukan vaksinasi secara masif tetapi saat ini mengalami kenaikan kasus positif.

“Ini menunjukkan bahwa vaksinasi bukan segala-galanya, yang harus dilakukan untuk melandaikan kurva penularan. Rumah sakit harus tetap disiagakan untuk mengantisipasi lonjakan-lonjakan baru kasus yang mungkin terjadi,” ungkapnya.

Menurutnya, penguatan rumah sakit harus dilakukan dengan strategi yang tepat sehingga ketika kasus meningkat bisa diantisipasi.

Baca juga: Ayo Vaksin! PDIP DIY Bergerak Bersama Rakyat Atasi Pandemi Covid 19

Adapun, Wamenkes juga menyampaikan bahwa per 4 September 2021 tingkat keterisian tempat tidur (BOR) rumah sakit bagi pasien Covid-19 sudah menurun hingga 67 persen jika dibandingkan dengan bulan lalu.

Kemudian, lebih terperinci, BOR rumah sakit di seluruh provinsi kini di bawah 50 persen, bahkan beberapa sudah dibawah 30 persen.

“Yang dibawah 30 persen merupakan pertanda bahwa angka keparahan dari infeksi Covid-19 yang memerlukan rawat inap semakin berkurang,” kata Wamenkes.

Sumber : Bisnis.com