Advertisement

Wamenkes Ingatkan Kemungkinan Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19 Lagi

Aprianus Doni Tolok
Senin, 06 September 2021 - 14:57 WIB
Nina Atmasari
Wamenkes Ingatkan Kemungkinan Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19 Lagi Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono. - Kemkes.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Kasus penambahan positf Covid-19 di Tanah Air secara keseluruhan menurun. Namun, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengingatkan bahwa potensi kenaikan kasus terkonfirmasi Covid-19 masih ada.

“Kita harus tetap waspada bahwa penurunan kasus ini mungkin saja dapat terjadi peningkatan lagi kalau kita tidak melakukan penguatan-penguatan di berbagai macam sistem,” kata Wamenkes dalam sebuah webinar dikutip dari YouTube RSPAD Gatot Soebroto, Minggu (5/9/2021).

Advertisement

Lebih lanjut, Dante menyebutkan beberapa negara yang memiliki tingkat vaksinasi tinggi pun kini mengalami peningkatan kasus terkonfirmasi.

Baca juga: Bantu Masyarakat Jogja Miliki Rumah, BPD DIY Genjot Kredit Perumahan Murah

Wamenkes mencontohkan Amerika Serikat, Inggris, dan Israel yang notabene telah melakukan vaksinasi secara masif tetapi saat ini mengalami kenaikan kasus positif.

“Ini menunjukkan bahwa vaksinasi bukan segala-galanya, yang harus dilakukan untuk melandaikan kurva penularan. Rumah sakit harus tetap disiagakan untuk mengantisipasi lonjakan-lonjakan baru kasus yang mungkin terjadi,” ungkapnya.

Menurutnya, penguatan rumah sakit harus dilakukan dengan strategi yang tepat sehingga ketika kasus meningkat bisa diantisipasi.

Baca juga: Ayo Vaksin! PDIP DIY Bergerak Bersama Rakyat Atasi Pandemi Covid 19

Adapun, Wamenkes juga menyampaikan bahwa per 4 September 2021 tingkat keterisian tempat tidur (BOR) rumah sakit bagi pasien Covid-19 sudah menurun hingga 67 persen jika dibandingkan dengan bulan lalu.

Kemudian, lebih terperinci, BOR rumah sakit di seluruh provinsi kini di bawah 50 persen, bahkan beberapa sudah dibawah 30 persen.

“Yang dibawah 30 persen merupakan pertanda bahwa angka keparahan dari infeksi Covid-19 yang memerlukan rawat inap semakin berkurang,” kata Wamenkes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah dan Jadwal Donor Darah di Wilayah DIY Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement