Advertisement

Alumni Haji Diharapkan Berperan Mengisi Kemerdekaan

Aprianus Doni Tolok
Sabtu, 21 Agustus 2021 - 19:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Alumni Haji Diharapkan Berperan Mengisi Kemerdekaan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi. - www.kemenag.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi meminta masyarakat yang sudah menunaikan ibadah haji bisa ikut berperan mengisi kemerdekaan.

"Alumni haji harus dapat menjadi katalisator dan bagian penting dari pembangunan masyarakat dan bangsa," katanya dalam pembukaan Muktamar Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) ke VII, Sabtu (21/8/2021), dikutip dari pernyataan resmi.

Advertisement

Menurutnya, alumni haji harus terus dijaga kemabruran, semangat, dan perannya dan menjadi ‘haji sepanjang hayat’.

Dengan menjadi haji sepanjang hayat, sambung Wamenag, alumni haji akan selalu berperan positif dalam semua aspek kemasyarakatan, pemerintahan, politik, pendidikan, kesehatan, hingga keamanan.

Wamenag juga mengulas hasil penelitian UIN Sunan Kalijaga pada 2012 yang menyimpulkan bahwa jemaah haji memiliki pengaruh besar dalam bidang ekonomi, politik, dan pendidikan prakemerdekaan.

Baca juga: Begini Proses Evakuasi WNI di Afganistan, Izin Mendarat Pesawat Ditunda Berkali-kali

Beberapa di antaranya kemudian menjadi pahlawan, penggerak perjuangan kemerdekaan seperti KH. Hasyim Asy’ari, KH. Ahmad Dahlan, Tuanku Imam Bonjol, A. Hasan, H. Agus Salim, KH. Abdul Wahab Hasbullah, HOS. Tjokroaminoto.

Zainut menulai, perjuangan pascakemerdekaan tetap harus dilakukan oleh alumni haji, seperti saat ini dalam penanganan pandemi Covid-19.

"Saya mengajak IPHI untuk ikut serta sesuai kapasitas dan kewenangannya untuk memberikan kesadaran hidup sehat dan disiplin di lingkungan masyarakat. Jangan lelah untuk mengingatkan menerapkan protokol kesehatan, berdoa, dan vaksinasi," katanya.

Dia berharap Muktamar ke-VII IPHI ini dapat memberikan sumbangsih nyata dalam pembangunan kemasyarakatan, kesadaran moderasi beragama, serta dapat memberikan masukan bagi penyelenggaraan haji yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement