Warga Bisa Cek Stok Vaksin Covid-19 di Fitur Baru Laman Kemenkes

Petugas menyiapkan vaksin. - Humas Pemda Jabar
19 Agustus 2021 17:17 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menambahkan fitur stok vaksin Covid-19 di setiap provinsi dalam laman resminya.

Chief of Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Setiaji menyampaikan bahwa fitur atau menu stok vaksin itu berisi informasi ketersediaan vaksin di masing-masing wilayah.

“Nanti bisa langsung masuk ke stok vaksin kemudian tersedia informasi yang kami update sehari sekali kurang lebih jam 5 sore yang berisikan informasi ketersediaan vaksin, termasuk penerimaan di masing-masing kabupaten/kota,” kata Setiaji dikutip dari YouTube Setpres, Kamis (19/8/2021).

Dalam menu tersebut, kata Setiaji, juga disediakan informasi dalam bentuk visualisasi peta dan indikator untuk bisa mengetahui secara cepat ketersediaan vaksin Covid-19 selama periode tertentu.

Menurutnya, data-data tersebut bisa digunakan sebagai alat perencanaan dan monitoring oleh publik terkait stok vaksin yang tersedia.

Adapun, data tersebut merupakan hasil pelaporan distribusi vaksin di tingkat pemerintah pusat hingga kabupaten/kota.

Sementara itu, berdasarkan data Kemenkes, hingga Rabu (18/8) jumlah orang yang telah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama mencapai 55,19 juta penerima, sedangkan penerima vaksin dosis kedua jumlahnya mencapai 29,4 juta orang.

Sumber : bisnis.com