SBY Ikut Upacara Virtual, Ada Penampakan Lukisan Merah Putih yang Dibuat Kurang dari 24 Jam

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono mengikuti upacara kenegaraan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus dan Perayaan HUT RI Ke-76, Selasa (17/8/2021). - Twitter/@Andiarief_
17 Agustus 2021 14:57 WIB Oktaviano DB Hana News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Ada yang menarik saat Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY mengikuti upacara kenegaraan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus dan Perayaan HUT RI Ke-76, Selasa (17/8/2021).

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat yang mengikuti upacara kenegaraan secara virtual itu tampak duduk di samping sebuah lukisan Sang Merah Putih dengan berlatar cakrawala.

Hal itu terungkap dari unggahan politikus Partai Demokrat Andi Arief di Twitter. Melalui akun @Andiarief_, dia mengatakan bahwa lukisan itu merupakan karya baru SBY.

"SBY menghadiri upacara kenegaraan 17 Agustus pagi tadi melalui virtual. Ada lukisan baru," terangnya pada unggahan gambar tersebut.

Wasekjen Partai Demokrat Ossy Dermawan juga memberikan informasi terkait lukisan baru SBY itu. Bahkan menurutnya, lukisan itu dibuat kurang dari sehari.

"Ikut Upacara Virtual, SBY Bikin Lukisan Merah Putih Kurang dari 24 Jam," demikian unggahan Staf Pribadi Presiden RI Ke-6 itu.

Seperti diketahui, SBY kini menekuni dunia seni lukis. Hal itu terlihat dari cuitan beberapa kader Partai Demokrat, khususnya Andi Arief dan Jansen Sitindaon pada pekan lalu.

Keduanya kompak memajang sejumlah lukisan karya SBY. Sebagian besar lukisan itu bertema pemandangan. Menurut Jansen, Wakil Sekjen Partai Demokrat, bahwa sejumlah lukisan karya SBY muncul pada masa pandemi Covid-19.

Umumnya lukisan SBY diilhami daerah Pacitan di Jawa Timur. Seperti diketahui, SBY lahir di Pacitan, daerah yang memiliki pantau dan pegunungan. Selain itu, SBY juga melukis Gunung Merapi yang berada di daerah DI Yogyakarta.

Di foto itu, SBY tampil sederhana. Mirip penampilan Tino Sidin, seorang pelukis dan guru gambar yang terkenal dengan acaranya di stasiun TVRI era 80-an, yaitu Gemar Menggambar.

SBY mengenakan topi dan kaos oblong berwarna hitam, sementara di sekitarnya ada lukisan pemandangan berwarna biru, dan perlengkapan melukis.

Sumber : Bisnis.com