Advertisement

Kuat! Virus Marburg Bisa Bertahan di Asi dan Sperma

Newswire
Minggu, 15 Agustus 2021 - 05:17 WIB
Bhekti Suryani
Kuat! Virus Marburg Bisa Bertahan di Asi dan Sperma Ilustrasi virus

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Belum lama ini WHO mengonfirmasi temuan virus marburg yang di Afrika.

Virus marburg (MVD) sepertinya memiliki karakter yang sangat kuat. Hal ini mengacu pada data klinis yang dikumpulkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahwa pasien yang sudah sembuh dari penyakit virus marburg masih menyimpan virus dalam tubuh.

Advertisement

Diterangkan dalam laporan resmi WHO pada 7 Agustus 2021, ibu hamil yang sembuh dari penyakit virus marburg masih menyimpan virus di plasenta, cairan ketuban, dan janin. Sementara pada wanita yang terinfeksi saat menyusui, virus dapat bertahan hidup di ASI.

"Kekambuhan penyakit sekalipun virus masih menetap adalah peristiwa yang jarang terjadi, namun laporan mengenai kekambuhan sudah ada meski kasusnya masih sedikit. Alasan kekambuhan masih belum dapat dipahami sepenuhnya," terang WHO.

Sementara pada tubuh pria, virus marburg dapat bertahan hidup cukup lama di dalam sperma atau air mani, sekalipun pasien sudah dinyatakan sembuh. Data yang dimiliki WHO, virus marburg bertahan di sperma selama 7 minggu setelah dinyatakan sembuh.

"Diperlukan data lebih banyak mengenai penularan melalui aktivitas seksual. Tapi, WHO merekomendasikan agar orang yang sembuh dari MVD agar menerapkan aktivitas seksual yang aman selama 12 bulan lamanya," jelas WHO.

BACA JUGA: Orang Sudah Divaksin Masih Bisa Tertular Covid, Begini Penjelasan WHO

Lebih lanjut WHO merekomendasikan untuk pria yang sudah sembuh dari virus marburg agar melakukan tes sperma ketika siap secara mental dan fisik. Tes ini dilakukan 3 bulan setelah sembuh. "Tes sperma dilakukan setelah mendapatkan dua kali hasil tes negatif berturut-turut," ungkap WHO.

Jika hasil tes semua baik, maka pasangan boleh melakukan aktivitas seksual dengan aman, selagi melanjutkan praktik penurunan risiko launnya agar penyakit virus marburg-nya tidak menyebar lebih banyak ke orang lain.

Artikel ini telah tayang di Okezone.com berjudul "WHO: Virus Marburg Bertahan di ASI dan Sperma meski Sudah Sembuh"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Serangan Wereng Meluas, DPP Kulonprogo Basmi dengan Pestisida

Kulonprogo
| Selasa, 23 April 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement