Luhut Umumkan Sejumlah Kota Boleh Membuka Mal, Jogja Tak Disebut

rnPedagang merapikan barang dagangan di pusat perbelanjaan Jakarta, Rabu (4/8/2021). Pemprov DKI Jakarta menegaskan pusat perbelanjaan atau mal masih belum boleh beroperasi selama penyesuaian aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 kecuali akses untuk pegawai toko yang melayani penjualan online dengan maksimal tiga orang setiap toko. ANTARA FOTO - Galih Pradipta\\r\\n
10 Agustus 2021 03:27 WIB Sholahuddin Al Ayyubi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menuturkan, bahwa pemerintah akan melakukan uji coba membuka sejumlah pusat perbelanjaan dan mal di beberapa kota di Pulau Jawa mulai besok, Selasa (10/8/2021).

Menurutnya, beberapa mal yang akan dilakukan uji coba untuk dibuka pada masa PPKM Level 4 dan Level 3 Pulau Jawa-Bali dilanjutkan hingga 16 Agustus adalah  di wilayah Jakarta, Bandung, Surabaya dan Semarang.

BACA JUGA : PPKM Level 4, Pemkab Buka Mal di Sleman secara Terbatas

Namun, Luhut menjelaskan, bahwa mal itu juga tidak boleh diisi penuh oleh pengunjung, maksimal hanya 25 persen dan diberlakukan mulai 10-16 Agustus 2021.

"Uji coba pembukaan pusat perbelanjaan dan mall akan dilakukan di kota Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang dengan kapasitas 25 persen selama seminggu ke depan, dengan protokol kesehatan yang ketat," tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (9/8/2021).

Selain itu, seluruh pengunjung yang diperbolehkan masuk ke dalam mal  hanya pengunjung yang sudah divaksinasi dan harus menunjukkan bukti vaksinasi di aplikasi Peduli Lindungi.

BACA JUGA : Seluruh Mal di Jogja Tutup 3-20 Juli 

"Anak di bawah umur 12 tahun dan orang berusia di atas 70 tahun akan dilarang masuk ke dalam mal atau pusat perbelanjaan," katanya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia