Pemerintah Sebut 9 dari 10 Orang Indonesia Sudah Pakai Masker

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid/19, Dokter Reisa Broto Asmoro. (BNPB)n
04 Agustus 2021 21:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Juru bicara Pemerintah untuk COVID-19 sekaligus Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro mengatakan menurut laporan Satuan Tugas Penanganan COVID-19, 9 dari 10 orang Indonesia sudah menggunakan masker.

“Tinggal kita ajak yang satu lagi agar kekompakan kita sebagai warga yang bertanggung jawab semakin terlihat. Inilah yang kita sebut sebagai universal masking, semua wajib memakai masker,” ujar Reisa dalam konferensi pers PPKM secara daring dipantau dari Jakarta, Rabu (4/8/2021).

Reisa kembali menyampaikan penggunaan masker ganda yakni lapisan masker medis yang dilapisi masker kain dapat meningkatkan filtrasi hingga 90 persen, sehingga memberikan perlindungan efektif.

Selain menggunakan masker, Reisa mengatakan mencuci tangan sebersih mungkin juga mampu melindungi diri dari penyakit flu musiman, diare hingga pneumonia.

BACA JUGA: Takut Ketahuan, Pencuri Kotak Infaq di Gunungkidul Tinggalkan Motor di Masjid

“Pneumonia menjadi masalah utama yang menyebabkan lebih dari 1.700 kelompok anak, terutama usia 29 hari hingga 11 bulan di tahun 2019,” ujar dia.

Reisa mengatakan selain PPKM, mencegah COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan termudah dapat menjaga diri terhindar dari penyakit lain di luar masa pandemi.

“Peran kunci kita di masa PPKM di masa pandemi ini adalah disiplin protokol kesehatan. Insya Allah minggu ke depannya keadaan semakin membaik dan kegiatan masyarakat akan lebih banyak yang dibuka lagi,” ujar dia.

Sumber : Antara