Pfizer dan Moderna Naikkan Harga Vaksin per Dosis

Vaksin Moderna
02 Agustus 2021 09:47 WIB Reni Lestari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pfizer Inc. dan Moderna Inc. diketahui telah menaikkan harga vaksin Covid-19 dalam kontrak pasokan terbaru dengan Uni Eropa.

Hal tersebut pertama kali diungkap dalam laporan The Financial Times pada hari Minggu (1/8/2021).

Harga baru untuk suntikan Pfizer adalah €19,50 (US$23,15 atau Rp333.360) dari sebelumnya €15,50, menurut surat kabar yang mengutip bagian dari kontrak yang terlihat.

Sementara itu, harga vaksin Moderna adalah US$25,50 per dosis atau Rp367.200 per dosis, naik dari sekitar €19 euro dalam kesepakatan pengadaan pertama tetapi lebih rendah dari US$28,50 atau Rp410.400 per dosis yang disepakati sebelumnya, mengutip seorang pejabat yang dekat dengan masalah.

Pfizer menolak mengomentari kontrak dengan Komisi Eropa, dengan alasan kerahasiaan.

"Di luar kontrak yang disunting yang diterbitkan oleh European Commission, kontennya tetap rahasia dan jadi kami tidak akan berkomentar," kata perusahaan itu dikutip dari Channel News Asia.

European Commission atau Komisi Eropa mengatakan pada minggu lalu bahwa Uni Eropa berada di jalur untuk mencapai target vaksinasi penuh setidaknya 70 persen dari populasi orang dewasa pada akhir musim panas.

Pada bulan Mei, Uni Eropa mengatakan mereka mengharapkan untuk menerima lebih dari satu miliar dosis vaksin pada akhir September dari empat produsen vaksin. Sayangnya, Pfizer dan Moderna tidak segera memberikan komentar apapun terkait dengan hal ini.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia