Singapura Laporkan 60 Kasus Transmisi Lokal Baru

Ilustrasi. - Freepik
17 Juli 2021 22:27 WIB Mediani Dyah Natalia News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Singapura melaporkan 60 kasus transmisi lokal baru Covid-19 pada Sabtu (17/7/2021) siang. Sekitar 29 kasus di antaranya diyakini dari klaster KTV (tempat karaoke).

Dilansir dari Channel News Asia, total ada 149 kasus yang berhubungan dengan klaster KTV. Menteri Kesehatan Singapura menyatakan dari 60 kasus baru, 33 kasus di antaranya berhubungan dengan kasus sebelumnya dan mereka telah dikarantina.

Sebanyak 22 kasus dipercaya terpapar dari kasus infeksi sebelumnya. Mereka sebelumnya terdeteksi melalui pemeriksaan swab. Sedangkan lima kasus lainnya tidak terkait.

Selain itu, ada delapan kasus impor yang didapat saat mereka di rumah atau isolasi saat kedatangan. Salah satunya terdeteksi saat pertama kali datang di Singapura, sedangkan delapan di antaranya mengalami sakit selama tinggal di rumah atau isolasi mandiri setelah tiba di negara Singa tersebut. Total, pada Sabtu ini, Singapura memiliki 68 kasus Covid-19 baru. Kementerian Kesehatan akan memperbaruhi data pada Sabtu malam mengenai situasi terbaru Covid-19.

Dari Senin (12/7/2021), aturan makan di restoran dikurangi hanya untuk dua orang dalam satu kelompok jika mereka belum mendapatkan vaksin Covid-19 secara penuh. Namun bagi mereka yang sudah mendapatkan vaksin penuh dapat makan dan minum di tempat dengan maksimal jumlah lima orang dalam satu kelompok.

Aturan ini dan tambahan yang lain, seperti risiko melakukan pertemuan di dalam rungan hingga melepas masker akan efektif pada 19 Juli-8 Agustus.

Kementerian Kesehatan juga mengumumkan setuap aktivitas malam yang berkaitan dengan operasional bisnis makanan dan minuman akan ditutup selama dua minggu dari Jumat. Aturan baru ini ditempuh sebagai antisipasi menghadapi klaster KTV. Wakil ketua Penanganan Covid-19 Singapura, Gan Kim Yong pada Jumat menyampaikan klaster KTV adalah kemunduran besar dalam proses pemulihan Singapura.

Sumber : Channel News Asia