Advertisement

Lewat Daring, Menag Akan Pimpin Sidang Isbat Penentu Iduladha

Rayful Mudassir
Sabtu, 10 Juli 2021 - 14:27 WIB
Sunartono
Lewat Daring, Menag Akan Pimpin Sidang Isbat Penentu Iduladha Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan surat edaran pembatasan untuk menjadi pedoman masyarakat dalam kegiatan di rumah ibadah guna membantu mengatasi lonjakan tajam Covid-19, Rabu (16/6/2021). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat atau penetapan awal Zulhijjah 1442 H, Sabtu (10/7/2021). Sidang kali ini akan menentukan Iduladha yang jatuh pada 10 Zulhijah.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas rencananya akan memimpin sidang isbat secara daring dari kediamannya di Rumah Dinas Menteri Agama, Komplek Menteri Widya Chandra, Jakarta.

Advertisement

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kementerian Agama Moh. Agus Salim mengatakan pelaksanaan secara daring, karena pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat.

BACA JUGA : Sidang Isbat Dilaksanakan Hari Ini untuk Tentukan Awal

“Karena masih dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat, maka sidang isbat nanti sore, seluruhnya akan dilakukan secara daring. Bapak Menteri Agama akan memimpin dari kediamannya di Widya Chandra,” katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (10/7/2021).

Lebih lanjut, sidang isbat tetap melibatkan sejumlah unsur masyarakat, mulai dari Duta Besar Negara Sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), pimpinan ormas Islam, dan sebagainya.

“Mereka semua telah diundang, dan akan untuk mengikuti sidang isbat melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan,” terangnya.

Selain melalui Zoom, sidang isbat akan disiarkan melalui channel Youtube Kemenag RI, Bimas Islam TV hingga sejumlah televisi swasta nasional.

BACA JUGA : Tempat Pemotongan Hewan Kurban di Bantul Meningkat Pesat, Bisa Sampai 2.500

Agus menjelaskan, pelaksanaan sidang Isbat akan terbagi dalam tiga tahap. Sesi pertama dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal awal Zulhijah 1442 H oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin.

Sesi kedua dipimpin oleh menteri agama secara daring dengan peserta terbatas atau tidak untuk umum seusai magrib. Sidang diawali dengan penyampaian laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari sejumlah titik di Indonesia.

"Dan sesi ketiga, menteri agama mengumumkan hasil sidang isbat 1 Zulhijah sekaligus Iduladha 1442 H secara telekonferensi pers yang disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement