Advertisement

Studi: Ini Kategori Orang yang Lebih Terlindungi dari Varian Delta

Sartika Nuralifah
Jum'at, 09 Juli 2021 - 02:27 WIB
Budi Cahyana
Studi: Ini Kategori Orang yang Lebih Terlindungi dari Varian Delta Delta Plus virus Corona - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Varian B.1.617.2 dari coronavirus, juga dikenal sebagai varian Delta telah dikategorikan sebagai Variant of Concern (VoC) dan mendorong kenaikan kasus di banyak negara.

Menurut penelitian, orang yang tidak divaksinasi atau baru divaksinasi sebagian, serta orang-orang dengan komorbidit memiliki risiko yang lebih besar untuk terpapar varian Delta.

Advertisement

Sementara itu, sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan daftar orang-orang yang mungkin lebih terlindungi dari varian yang menjadi perhatian tersebut.

Penelitian dilakukan oleh para peneliti dari Dewan Penelitian Medis India, Institut Virologi Nasional, Departemen Bedah Saraf, Rumah Sakit Komando (Komando Selatan), Sekolah Tinggi Kedokteran Angkatan Bersenjata, Pune.

Berikut kategori orang tersebut berdasarkan studi ini dengan memperhitungkan respon imun :

- Orang yang sudah disuntik satu dosis divaksinasi

- Orang yang sudah disuntik dua dosis vaksin

- Penyintas Covid-19 plus mendapat satu dosis divaksinasi

- Penyintas Covid-19 plus mendapat dua dosis divaksinasi

- Kasus terobosan vaksin Covid-19

Sesuai penelitian, kasus terobosan dan pasien Covid-19 yang pulih yang telah menerima satu atau dua dosis vaksin memiliki perlindungan yang relatif lebih tinggi terhadap varian Delta dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah terinfeksi dan divaksinasi lengkap.

"Vaksinasi sebelumnya menghasilkan penyakit yang kurang parah terhadap infeksi berikutnya memberikan bukti bahwa respon imun humoral dan seluler memainkan peran penting dalam perlindungan." demikian menurut penelitian itu dilansir dari Times of India.

Sesuai studi ICMR, vaksin yang tersedia untuk melawan SARS-CoV-2, telah menunjukkan kemanjuran mulai dari dari 51% hingga 94% terhadap galur asli D614G dalam uji klinis fase 3.

Respon imun terhadap infeksi SARS-CoV-2 melibatkan aktivasi imun bawaan dan respons spesifik antigen sel B dan T. Khususnya, pertanyaan tentang pelepasan imun dari VOC yang baru muncul pada individu yang divaksinasi masih diselidiki. Misalnya, kemanjuran AZD1222, yang dilaporkan 70% di Inggris dan Brasil, hanya mencapai 22% di Afrika Selatan.

Meskipun pemerintah telah meminta pasien yang pulih dari Covid untuk menunda vaksinasi dari 3 bulan, penelitian menunjukkan bahwa perlindungan alami dapat dibuat lebih besar bahkan dengan satu dosis vaksin terhadap varian Delta.

Adapun, hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri dari varian Covid baru adalah tetap menerapkan perilaku yang sesuai COVID dan masker ganda kapan pun diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Rabu 24 April 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement