Tes Covid-19 Saat Flu Maka Hasilnya Akan Positif? Ini Kata Dokter

Tes Covid-19. - Bumame Farmasi.
06 Juli 2021 13:27 WIB Janlika Putri Indah Sari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA— Gejala dari Covid-19 mirip dari flu, namun bukan berarti penderita flu positif Covid-19. Dokter Spesialis Penyakit Dalam, RA Adaninggar menegaskan setiap masyarakat tetap harus tes untuk mengetahui apakah gejala tersebut akibat virus Covid-19 atau hanya flu.

"Gejala flu dan Covid-19 bisa demam, batuk, sakit kepala, namun itu tetap harus di tes untuk melihat ini Covid-19 atau bukan. Dan bukan berarti ketika saat flu setelah di swab hasilnya pasti akan positif. Ini sangat missinformasi," tulisnya melalui akun @drningz.

Menurut Ning sangat menyedihkan jika informasi yang salah itu disebar luaskan oleh yang seharusnya bisa jadi panutan.

Baca juga: Sudah ada 77 Selter Pasien Covid-19 di DIY

Melakukan tes itu justru sangat penting untuk mencegah penularan. Ketika sedang flu seseorang tidak perlu cemas jika malah akan terluar atau langsung di vonis Covid-19.

Alat tes Covid-19 hampir tidak mungkin mendeteksi virus lain selain virus Covid-19. Maka dari itu jika hanya sedang flu alat tersebut tidak akan mendeteksi adanya virus Covid-19.

Covid 80 persen bisa sembuh tapi 20 persen harus mengalami gejala berat dan 5 persen meninggal.

Corona: 77 Selter Pasien Covid-19 di DIY Bisa Diakses Masyarakat secara Gratis, Ini Syaratnya

Karena Covid-19 besifat random, dengan melakukan tes bisa melindungi keluarga dan orang sekitar dengan mendapatkan penanganan yang tepat.

"Anda tidak pernah tahu ada di kelompok yang mana. Semakin tidak terdiagnosis, penanganan tidak akan optimal. Maka dari itu jangan egois dengan tidak melakukan tes," tutup Ning.

Sumber : Bisnis.com