Advertisement

Hari Ini, Indonesia Terima 1 Juta Vaksin AstraZeneca dari Jepang

Feni Freycinetia Fitriani
Kamis, 01 Juli 2021 - 15:27 WIB
Nina Atmasari
Hari Ini, Indonesia Terima 1 Juta Vaksin AstraZeneca dari Jepang Wakil Kepala Perwakilan RI di Tokyo, Tri Purnajaya (kanan) selaku Ketua Satgas Diplomasi Vaksin KBRI Tokyo & Direktur Second Southeast Division Kemlu Jepang Hajime Ueda (kiri) melepas 13 kontainer yang memuat sekitar 1 juta dosis Vaksin Astra Zeneca bantuan dari Pemerintah Jepang untuk Indonesia di Bandara Narita, Jepang pada Kamis (1/7/2021) - Foto KBRI Tokyo

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sebanyak 1 juta dosis vaksin Covid-19 hibah dari Jepang dijadwalkan tiba di Indonesia hari ini, Kamis (1/7/2021).

Wakil Kepala Perwakilan RI di Tokyo Tri Purnajaya selaku Ketua Satgas Diplomasi Vaksin KBRI Tokyo bersama Direktur Second Southeast Division Kemlu Jepang, Hajime Ueda melepas secara simbolis 13 kontainer yang memuat sekitar 1 juta dosis vaksin AstraZeneca di Bandara Narita, Jepang pada Kamis (1/7/2021). Tri Purnajaya menyampaikan apresiasi Indonesia kepada pemerintah Jepang.

Advertisement

"Pengiriman 1 juta vaksinAstraZeneca merupakan cerminan kuatnya hubungan kedua negara sebagai negara sahabat sekaligus mitra strategis maupun dalam konteks people-to-people," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (1/7/2021).

Baca juga: Petugas TPR Positif Corona, Kawasan Pantai Gesing Ditutup

Sementara itu, Hajime Ueda menyampaikan harapan pemerintah Jepang agar kerjasama pengiriman 1 juta vaksin AstraZeneca ini dapat berkontribusi untuk melakukan penanganan Pandemi Covid-19, sekaligus memperkuat kerja sama antara kedua negara.

Vaksin yang diberangkatkan menggunakan penerbangan Japan Airlines JL725 tersebut dijadwalkan tiba di Bandara Soekano Hatta pada sore hari ini, Kamis (1/7/2021). 

Pengiriman vaksin dari Jepang ini merupakan bagian dari Diplomasi Vaksin Indonesia untuk memperjuangkan jaminan akses yang adil terhadap vaksin yang aman, efektif dan berkualitas di seluruh negara dan kawasan. Tujuannya mewujudkan cakupan kesehatan semesta (Universal Health Coverage) yang dilakukan secara bilateral maupun mekanisme multilateral melalui COVAX.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Termasuk Jogja, BMKG Ingatkan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Waspada Cuaca Ekstrem

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement