Jepang Siap Kirim 2 Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke Indonesia

Ilustrasi - Antara
30 Juni 2021 09:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah Jepang mendukung Indonesia untuk dalam menangani pandemi Covid-19 dengan memberikan bantuan vaksin.

Sebuah nota terkait bantuan vaksin Covid-19 dari Jepang untuk Indonesia telah ditandatangani oleh perwakilan kedua negara.

Dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar Jepang yang diterima di Jakarta, Selasa (29/6), dikatakan bahwa pertukaran nota terkait serah terima vaksin itu telah dilakukan oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi dengan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika dari Kementerian Luar Negeri Indonesia, Abdul Kadir Jailani, pada Selasa 29 Juni.

“Menurut Jepang, jaminan akses yang adil terhadap vaksin yang aman, efektif dan berkualitas di seluruh negara dan kawasan adalah hal yang penting guna mewujudkan cakupan kesehatan semesta (Universal Health Coverage),” demikian seperti dikutip dari keterangan resmi Kedubes Jepang.

Adapun hibah vaksin dari Jepang diberikan mengingat adanya lonjakan drastis kasus harian Covid-19 di Indonesia sejak awal bulan Juni. Vaksin itu rencananya akan dibawa ke Indonesia pada 1 Juli dengan menggunakan pesawat.

Guna mendukung upaya vaksinasi Indonesia, “Jepang akan terus memberikan berbagai bantuan melalui kerja sama, baik dengan negara-negara terkait maupun organisasi internasional, demi segera berakhirnya pandemi Covid-19”.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, mengatakan bahwa ia telah melakukan komunikasi intensif terkait isu vaksin dan obat-obatan Covid-19 termasuk dengan Menteri Luar Negeri Jepang.

Retno sebelumnya telah melakukan pertemuan dengan Menlu Jepang Toshimitsu Motegi pada Senin (28/6) di sela-sela pertemuan Menlu G20 di Italia.

“Sebagai hasil dari komunikasi intensif tersebut dan juga kita ulang kembali dalam pertemuan dengan Menlu Jepang tadi maka Jepang akan menyumbangkan sekitar dua juta dosis vaksin jadi untuk Indonesia,” jelas Menlu.

Selain satu juta dosis pertama yang dijadwalkan tiba pada 1 Juli, satu juta dosis tambahan direncanakan akan tiba pada pertengahan Juli 2021.

“Dalam pertemuan, saya juga jajaki dengan Menlu Jepang mengenai kerjasama di bidang obat-obatan terapeutik. Menlu Jepang akan segera melihat kemungkinan kerjasama penyediaan obat-obatan terapeutik yang diperlukan Indonesia saat ini,” jelas Menlu.

Sumber : Antara