Golkar Kaji Sosok Cawapres yang Cocok Dampingi Airlangga di 2024

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia. - Ist.
20 Juni 2021 07:37 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Keputusan untuk menetapkan Airlangga Hartarto sebagai Capres dalam Pemilu 2024 tampaknya sudah harga mati bagi Partai Golkar. Selain mempersiapkan sejumlah strategi pemenangan, partai berlambang beringin ini menjajaki sejumlah sosok yang cocok untuk mendampingi Airlangga sebagai Cawapres.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menyatakan saat ini Golkar sedang melakukan kajian terhadap sejumlah sosok yang tepat untuk mendampingi Airlangga sebagai Cawapres. Termasuk melakukan penjajakan terhadap partai yang siap untuk berkoalisi pada Pilpres 2024 mendatang.

“Kami terus melakukan komunikasi politik dengan kekuatan yang lain, intinya kami ingin mengambil pasangan Pak Airlangga itu dengan kesamaan visi. Bagaimana membangun Indonesia 2024-2029, tentu ada komitmen bersama dengan calon pasangan dan parpol koalisi,” katanya di sela-sela konsolidasi politik dengan kader Golkar DIY, Sabtu (19/6/2021).

Baginya periode Pemilu 2024 menjadi paling menentukan kondisi Golkar selama 10 hingga 20 tahun ke depan. Oleh karena itu, konsolidasi internal terus dilakukan untuk membuat partai kian solid. Ia optimistis jika seluruh kadernya bekerja untuk partai dengan  serius maka Golkar akan menorehkan tintas emas dengan memiliki presiden asli dari Ketua Umum.

“Kami optimistis karena Golkar partai tertua dan memiliki jaringan secara nasional yang baik, ada jajaran partai hingga tingkat desa kelurahan, potensi basis dukungan massa sudah merata,” katanya.

Sekjen Partai Golkar Letjen (Purn) Lodewijk Freidrich mengatakan seluruh kader Partai Golkar memberikan dukungan terhadap berbagai ketugasan Airlangga sebagai Menteri Koordinator Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN). Kesuksesan dalam menangani Covid-19 terutama dari sisi ekonomi akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi Airlangga ke depannya.

“Kader partai Golkar di daerah melakukan langkah strategis dalam membantu menangani Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Kader memberikan kesempatan kepada Pak Airlangga untuk fokus menjalankan tugasnya menangani pandemi, kebijakannya akan dikawal terus,” ujarnya.

Ketua DPD I Golkar DIY Gandung Pardiman menegaskan seluruh kader Golkar DIY dipastikan mendukung Airlangga sebagai Capres di Pemilu 2024. Bahkan DIY tergolong paling awal mendeklarasikan dukungan tersebut dan menilai Airlangga sebagai sosok yang tepat untuk 2024.

“Kader di DIY juga melakukan berbagai upaya untuk mendukung dalam melakukan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Kami akan berjuang keras untuk mendukung Pak Airlangga sebagai Capres,” katanya.