Kemenkes Hadirkan Data Terkini Pandemi Covid-19, Ini Aksesnya...

Gedung Kementerian Kesehatan RI di Jakarta. -Bisnis.com - Samdysara Saragih
19 Juni 2021 14:27 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan informasi seputar situasi terkini pandemi Covid-19 yang dapat diakses melalui https://vaksin.kemkes.go.id/#/scprovinsi.

Layanan tersebut diberikan untuk mempermudah akses terhadap perkembangan pagebluk sekaligus sebagai bentuk transparansi pemerintah kepada masyarakat.

Dikutip dari laman Kemenkes, Sabtu (19/6/2021), di dalamnya terdapat data yang meliputi data tingkat transmisi komunitas yang terdiri dari kasus konfirmasi, rawat inap di RS, dan kematian serta kapasitas respons yang terdiri dari positivity rate, tracing, dan keterisian tempat tidur (bed occupacy ratio/BOR).

Berdasarkan penilaian tingkat transmisi dan kapasitas respons tersebut, dapat ditetapkan tingkat situasional pandemi secara nasional, provinsi, hingga kabupaten/kota sebagai landasan pengambilan kebijakan.

Baca juga: Pegawai Terinfeksi Covid-19 di Kompleks Balai Kota Jogja Bertambah

Kebijakan tersebut bisa berupa peningkatan kapasitas respon, menurunkan tingkat transmisi atau kombinasi keduanya.

Sementara itu, keberhasilan dari respons tersebut akan ditentukan dari perkembangan situasi Covid-19 di daerah masing-masing, yaitu melalui pergeseran tingkat situasi ke tingkat yang lebih rendah.

Data Covid-19 yang dinamis ini bersifat provisional (sementara) dan dapat diubah kapan saja oleh pihak yang melaporkan data Covid-19 kepada Kementerian Kesehatan.

Walhasil, Kementerian Kesehatan dapat memperbarui data yang sebelumnya sudah ditampilkan berdasarkan informasi terbaru dari sumber data.

 

Sumber : antara