Advertisement

10.000 Pelaut Ikut Vaksin Gratis jelang Hari Pelaut Sedunia

Anitana Widya Puspa
Senin, 14 Juni 2021 - 10:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
10.000 Pelaut Ikut Vaksin Gratis jelang Hari Pelaut Sedunia Pelaut Indonesia - Ilustrasi/velasco indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan membidik 10.000 petugas pelayanan transportasi ddan pelaut untuk mengiktui program vaksinasi Covid-19 secara gratis di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta mulai 10-18 Juni 2021. Hal itu dilakukan menjelang Hari Pelaut Sedunia yang jatuh pada 25 Juni 2021. 

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Capt. Wisnu Handoko menjelaskan kegiatan vaksinasi ini diprioritaskan kepada para Pelaut, Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), sopir truk, penumpang kapal, pekerja pelabuhan, serta masyarakat sekitar pelabuhan Tanjung Priok.

Advertisement

“Bagi para pimpinan perusahaan, operator terminal, trucking dan pelayaran supaya memastikan bahwa karyawannya telah mendaftar untuk mengikuti vaksinasi massal Covid-19 ini,” ujarnya melalui siaran pers, Senin (14/6/2021).

Kegiatan vaksinasi tersebut menargetkan hingga setidaknya 10.000 orang atau maksimal untuk 1.000 orang setiap harinya dimulai pada pukul 08.00 pagi sampai pukul 15.00. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan dan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Pada kegiatan vaksinasi ini, kami menargetkan 10.000 orang yang dijadwalkan mulai dari tanggal 10-18 Juni 2021. Apabila pada tanggal tersebut belum sesuai dengan target, maka kami akan perpanjang waktu agar mencapai target,” imbuhnya.

Wisnu pun menegaskan pentingnya vaksinasi dalam mendukung kegiatan pelayanan kepelabuhanan dan transportasi laut baik logistik maupun penumpang untuk memberikan perlindungan dari risiko penyebaran Covid-19.

Vaksinasi ini penting untuk dilakukan agar kepercayaan diri para pelayan publik transportasi semakin meningkat dalam melaksanakan tugasnya. Sehingga kegiatan pelayanan transportasi baik penumpang maupun logistik tetap dapat berjalan dengan baik dan para insan transportasi bisa bertahan dari pandemi ini. Karena para pelaku transportasi khususnya di pelabuhan Tanjung Priok memiliki interaksi dan mobilitas yang sangat tinggi dengan masyarakat.

Baca juga: Seorang Pedagang di Bantul Demam Seusai Disuntik Vaksin Covid-19

Selama menunggu antrian vaksin, tetap melaksanakan protokol kesehatan 5M, dengan menjaga jarak saat duduk menunggu antrian, memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas.

Adapun lokasi dan ruang tunggu yang disiapkan dengan mempertimbangkan akan hadir kurang lebih 1.500 orang per harinya dan selalu dijagai oleh petugas pengamanan bersama.

Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Bawesdan berkesempatan melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi massal bagi para pekerja transportasi di Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta pada Kamis (10/6/2021).

Sementara, lokasi dan pelaksanaan vaksinasi tersebut dilakukan oleh Tim bersama instansi Pelabuhan Priok yang terdiri dari Kantor Kesyahbandaran Utama (KSU), Kantor Otoritas Pelabuhan (OP), Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP), Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Polres, PT. Pelindo II dan PT Pelni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement