Ivermectin Disebut Obat Covid-19 dan Sudah Diterima Beberapa Daerah, Satgas Bilang Begini..

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito - www.covid19.go.id
13 Juni 2021 05:37 WIB Fitri Sartina Dewi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 menanggapi bantuan obat-obatan ivermectin yang disebut-sebut sebagai obat Covid-19. Obat tersebut diterima sejumlah daerah.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan bahwa sampai saat ini penelitian terkait penemuan dan obat-obatan dan upaya terapetik terus dilakukan dan terus berkembang hasilnya. 

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan akan melakukan studi lanjutan terhadap penggunaan obat ivermectin dalam pengobatan Covid-19.

Wiku mengungkapkan studi lanjutan ini sejalan dengan prinsip kehati-hatian Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca juga: Memanas, Menlu AS Tekan China Soal Asal-Usul Covid-19

"Bahwa kehati-hatian sangat diutamakan dalam menggunakan obat ini. Dan harus dibawah rekomendasi dari dokter berdasarkan hasil observasi indikasi tertentu," kata Wiku dalam keterangan pers, Jumat (12/6/2021).

Untuk itu bagi daerah-daerah yang telah menerima bantuan obat ini agar tidak sembarangan menggunakannya kepada pasien Covid-19.

Satgas mengimbau kepada pemerintah daerah yang telah menerima bantuan pengobatan ivermectin, untuk memastikan penggunaannya sesuai yang direkomendasikan.

"Daerah agar memastikan penggunaannya sesuai rekomendasi Badan POM," pungkas Wiku.

Sumber : bisnis.com