Advertisement

Jangan Anggap Remeh! Ini Pentingnya Susu Bagi Kehidupan Manusia

Janlika Putri Indah Sari
Kamis, 10 Juni 2021 - 03:27 WIB
Bhekti Suryani
Jangan Anggap Remeh! Ini Pentingnya Susu Bagi Kehidupan Manusia Anak-anak minum susu. - Unicef

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Susu menjadi minuman pertama yang dikenal oleh manusia sejak dari lahir.

Baik itu Air Susu Ibu (ASI), susu formula atau susu jenis lainnya, susu selalu berperan penting kesehatan manusia.

Susu sendiri merupakan salah satu sumber gizi unik karena mudah untuk dikonsumsi semua kalangan. Mulai dari ibu hamil hingga anak-anak memiliki susu yang khusus.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

FKGM Universitas Gadjah Mada, Prof. dr. Mohammad Juffrie menjelaskan mengapa susu menjadi begitu penting bagi manusia. Itu karena kandungan protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh ada pada susu.

“Kandungan baik pada susu baik bagi anak, terutama agar terhindar dari kekurangan gizi mikro seperti anemia defisiensi besi hingga kekurangan gizi makro seperti gizi buruk yang berujung stunting,” paparnya secara virtual acara Peningkatan Produksi dan Konsumsi Susu Turut Cegah Stunting, Rabu (9/6/2021).

Untuk itu, menurutnya upaya peningkatan produksi dan konsumsi susu di Indonesia perlu dibarengi dengan edukasi kepada masyarakat.

Susu sendiri sebagai sumber makronutrien dan mikronutrien dapat mencegah menjaga kesehatan secara umum anak. Dalam jangka panjang, meningkatknya konsumsi susu akan membuat masyarakat yang berkualitas.

Minum susu disertai prinsip gizi seimbang bagi ibu hamil turut mencegah bayi lahir pendek atau stunting. Susu yang berkualitas dapat berasal dari susu segar maupun susu terfortifikasi, dan perlu disertai dengan konsumsi gizi seimbang lainnya.

Produksi dan konsumsi susu juga ditentukan dari dunia usaha yang membawa inovasi serta menyediakan akses gizi bagi masyarakat.

Advertisement

“Selain susu segar, susu berkualitas yang mudah ditemui di masyarakat adalah susu terfortifikasi yang telah dilengkapi dengan gizi penting seperti protein, zat besi, vitamin C atau vitamin dan mineral lainnya,” tutupnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pesan Ketum PP Muhammadiyah untuk Mahasiswa Unisa: Raih Masa Depan dengan Ketakwaan

Sleman
| Senin, 26 September 2022, 15:42 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement