Advertisement

BMKG: Ada Potensi Hujan Lebat Disertai Angin

Newswire
Kamis, 27 Mei 2021 - 10:17 WIB
Sunartono
BMKG: Ada Potensi Hujan Lebat Disertai Angin Ilustrasi - Pejabat BPBD Jatim menunjukkan lokasi kejadian gempa di Warning Receiver System (WRS) BMKG melalui layar monitor Pusdalops BPBD Jatim, Sabtu (10/4/2021). - Antara\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Beberapa daerah di Indonesia seperti di wilayah Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat pada hari ini, Kamis (27/5/2021).

Menurut keterangan dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang dikutip dari Jakarta, sirkulasi siklonik terpantau di Papua Barat dan di perairan timur Filipina yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Maluku, Papua Barat dan Papua.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA : Prakiraan Cuaca DIY Sabtu 22 Mei, 3 Wilayah Ini Bakal Cerah

Daerah konvergensi lain juga terpantau memanjang dari Sumatera Utara hingga Aceh, dari Lampung, Bengkulu hingga Sumatera Barat, di NTT bagian Timur, dari Kalimantan Barat hingga Selat Karimata, di Kalimantan Timur, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, dan di Kalimantan Selatan.

Daerah pertemuan angin atau konfluensi juga terpantau memanjang di pesisir barat Sumatera Utara, Selat Malaka dan di perairan utara Papua.

Kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik serta di sepanjang daerah konvegensi dan konfluensi.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan wilayah yang memiliki potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua.

BACA JUGA : BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem 10-17 Mei 2021 

Advertisement

Selain itu wilayah Banten, Jawa Barat dan Kalimantan Selatan juga berpotensi mengalami hujan.

Terdapat beberapa wilayah masuk dalam kategori waspada risiko banjir dan banjir bandang akibat hujan lebat seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah dan Papua Barat.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

DPRD Sleman Nilai Penyertaan Modal Tingkatkan Kualitas Pelayanan PDAM Tirta Sembada

Sleman
| Senin, 05 Desember 2022, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement