Advertisement

Israel Terus Gempur Gaza, Hamas Isyaratkan Gencatan Senjata

John Andhi Oktaveri
Kamis, 20 Mei 2021 - 15:07 WIB
Budi Cahyana
Israel Terus Gempur Gaza, Hamas Isyaratkan Gencatan Senjata Hamas, organisasi Islam Palestina dengan sayap militer Izz ad-Din al-Qassam di wilayah Palestina. - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Seorang pejabat senior Hamas memperkirakan akan ada gencatan senjata dalam beberapa hari ke depan. Sementara, Israel terus menggempur Gaza hingga Kamis (20/5/2021) dan Hamas menembakkan lebih banyak roket.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendesak Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk mengupayakan deeskalasi kekerasan guna menyiapkan gencatan senjata.

Advertisement

Seorang sumber keamanan Mesir mengatakan, bahwa pada prinsipnya kedua pihak telah menyetujui gencatan senjata setelah bantuan dari mediator, tetapi rincian itu masih dirundingkan secara rahasia.

"Saya pikir upaya yang sedang berlangsung terkait gencatan senjata akan berhasil," kata pejabat politik Hamas, Moussa Abu Marzouk, kepada TV al-Mayadeen Lebanon seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Kamis (20/5/2021).

Dia berharap gencatan senjata dicapai dalam satu atau dua hari berdasarkan kesepakatan bersama.

Televisi Al Jazeera yang berbasis di Qatar melaporkan utusan perdamaian Timur Tengah dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Tor Wennesland, telah bertemu dengan Kepala Hamas, Ismail Haniyeh di Qatar. Hanya saja, pertempuran berlanjut antara Israel dan militan Islam tersebut.

Israel melakukan lebih dari selusin serangan udara di Gaza setelah tengah malam, termasuk dua serangan yang menghancurkan dua rumah di selatan daerah kantong itu. Petugas medis mengatakan, empat orang terluka dalam serangan udara di Kota Khan Younis di Gaza selatan.

Militer Israel mengatakan, bahwa mereka telah menargetkan apa yang disebut sebagai "situs peluncuran roket multi-barel dan kompleks pertahanan udara" milik Hamas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ular Sanca Sepanjang 3,5 Meter Masuk ke Panti Asuhan di Gunungkidul, Berhasil Ditangkap Dinihari

Gunungkidul
| Rabu, 24 April 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement